miskonsepsi matematis siswa kelas vii pada soal geometri dengan menggunakan three-tier diagnostic test / vani husniah anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

miskonsepsi matematis siswa kelas vii pada soal geometri dengan menggunakan three-tier diagnostic test / vani husniah anggraini

Anggraini, Vani Husniah Anggraini (2021) miskonsepsi matematis siswa kelas vii pada soal geometri dengan menggunakan three-tier diagnostic test / vani husniah anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi matematis yang dialami siswa kelas VII pada soal geometri khususnya garis dan sudut yang ditinjau dengan menggunakan Three-tier diagnostic test. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMPN 17 Malang yang telah diajarkan materi geometri khususnya konsep garis dan sudut kemudian ditinjau dengan menggunakan Three-tier diagnostic test untuk mengetahui miskonsepsinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami 4 miskonsepsi terkait materi garis dan sudut yaitu 1) miskonsepsi penamaan pada titik garis dan bidang 2) miskonsepsi definisi kedudukan dua garis yakni garis yang saling sejajar berpotongan dan tegak lurus 3) miskonsepsi definisi sudut berdasarkan ukuran sudutnya yakni sudut siku-siku dan sudut tumpul 4) miskonsepsi mengenai akibat dua garis yang saling sejajar dipotong oleh garis transversal yakni sudut yang saling bertolak belakang dan sudut yang saling berpelurus. Penyebab miskonsepsi tersebut antara lain 1) pemikiran intuitif 2) kesalahan penaikan kesimpulan 3) pembelajaran online yang kurang maksimal 4) kurangnya minat belajar siswa 5) kesalahan penalaran gambar 6) kurangnya penekanan guru terhadap konsep matematis dan 7) simplifikasi konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181575

Actions (login required)

View Item View Item