Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pemanasan global untuk siswa kelas IX di SMP Negeri 18 Malang / Ika Wahyu Winingtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pemanasan global untuk siswa kelas IX di SMP Negeri 18 Malang / Ika Wahyu Winingtyas

Winingtyas, Ika Wahyu (2010) Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pemanasan global untuk siswa kelas IX di SMP Negeri 18 Malang / Ika Wahyu Winingtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Winingtyas Ika Wahyu. 2010. Pengembangan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Pemanasan Global untuk Siswa Kelas IX di SMP Negeri 18 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Supriyono Koes H. M.Pd M.A. (II) Drs. Triastono Imam P. M.Pd. Kata kunci konstruktivisme paket IPA terpadu panduan pelaksanaan IPA terpadu pemanasan global pengembangan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 (2006) menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA di SMP/MTs merupakan IPA terpadu. Berdasarkan hasil penelitian terhadap pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivis di wilayah Malang Raya pada tahun 2008 menunjukkan bahwa kebutuhan guru IPA SMP di Malang Raya benar-benar mendesak. Sebagian besar guru IPA (35 dari 37 orang atau 94 6%) membutuhkan paket IPA terpadu untuk pembelajaran IPA SMP dan semua guru IPA (100%) membutuhkan panduan pelaksanaan paket IPA terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme yang layak digunakan oleh siswa SMP/MTs kelas IX dan panduan pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu yang dapat digunakan oleh guru serta mengukur kelayakan paket dan panduan guru tersebut. Tema yang digunakan dalam paket ini adalah Pemanasan Global. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan. Langkah-langkah penelitian meliputi studi pendahuluan perencanaan pengembangan bentuk awal produk uji lapangan awal dan revisi produk. Penilaian kelayakan produk dilakukan oleh dua dosen dari bidang fisika dan kimia serta dua guru IPA SMP. Penilaian untuk mengukur kelayakan paket dan panduan guru menggunakan angket dengan skala 1-4. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pemanasan global yang dapat digunakan oleh siswa SMP/MTs kelas IX serta panduan pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu bagi guru. Paket IPA terpadu telah memenuhi kriteria layak dengan nilai 3 77 dari skala 1-4. Nilai ini diperoleh dari rata-rata nilai kelayakan isi dan kelayakan penyajian. Sedangkan panduan pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu tema pemanasan global telah memenuhi kriteria layak dengan nilai 3 69 dari skala 1-4. Nilai ini diperoleh dari rata-rata nilai kelayakan komponen-komponen dalam panduan pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu. Keunggulan paket yang dikembangkan meliputi (1) disesuaikan dengan standar isi (2) penyusunannya disesuaikan dengan paradigm pembelajaran konstruktivis (3) siswa dapat melihat hubungan yang bermakna antara materi bidang fisika biologi dan kimia (4) beberapa kompetensi dasar dapat dicapai sekaligus sehingga terjadi efisiensi waktu (5) memudahkan guru dalam menyampaikan materi IPA terpadu dengan tema pemanasan global. Kekurangan paket yang dikembangkan adalah paket dan panduan guru belum melalui uji empirik sehingga belum dapat dimanfaatkan dalam proses belajar dan mengajar di lapangan sehingga disarankan untuk diadakan uji empirik terhadap paket hasil pengembangan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18157

Actions (login required)

View Item View Item