Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing untuk siswa kelas VIII pada materi lingkaran / Natya Kirana Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing untuk siswa kelas VIII pada materi lingkaran / Natya Kirana Rahmawati

Rahmawati, Natya Kirana (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing untuk siswa kelas VIII pada materi lingkaran / Natya Kirana Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perangkat pembelajaran merupakan sekumpulan sumber belajar yang digunakan siswa dan guru selama melakukan pembelajaran. Bentuk perangkat pembelajaran antara lain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Berdasarkan penelusuran di lapangan perangkat pembelajaran yang digunakan oleh MTsN 1 Kota Malang berupa buku cetak dari pemerintah edisi tahun 2016 dan masih menggunakan metode ceramah. Akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam menerima soal yang tidak seperti dicontohkan oleh guru. Metode pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam mengonstruksi suatu konsep yaitu penemuan terbimbing dimana siswa berpikir sendiri dalam mengolah informasi sampai menemukan suatu konsep yang ingin dicapai. Pengembangan ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan metode penemuan terbimbing pada materi lingkaran yang valid praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan modivikasi dari model Plomp yaitu model plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu (1) fase penelitian awal (preliminary research) (2) fase prototype (prototyping phase) dan (3) fase penilaian (assessment phase). Produk yang kembangkan diuji kualitasnya melalui uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan bersama dengan dua orang validator yaitu satu dosen matematika Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli dan guru matematika MTsN 1 Kota Malang sebagai validator praktisi. Uji kepraktisan dilakukan oleh observer dengan menilai lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi kegiatan siswa serta 25 siswa yang mengisi angket sebagai respon terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Uji keefektifan dilakukan di akhir pembelajaran setelah menggunakan perangkat pembelajaran dengan memberikan tes tertulis kepada 25 siswa subjek uji coba. Berdasarkan analisis data diperoleh uji kevalidan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan valid dengan rata-rata skor yaitu 3.89 untuk RPP rata-rata skor 3.71 untuk LKS dan rata-rata skor 3.94 untuk soal evaluasi. Uji kepraktisan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan praktis dengan rata-rata skor 3.67 apabila ditinjau dari kegiatan guru rata-rata skor 3.89 apabila ditinjau dari kegiatan siswa dan rata-rata skor 3.36 apabila ditinjau dari angket respon siswa. Uji keefektifan dilakukan dengan melihat ketuntasan 25 siswa dalam tes evaluasi pembelajaran. Uji keefektifan menunjukkan 84% siswa dinyatakan tuntas dengan nilai lebih dari atau sama dengan 80 sehingga produk yang dikembangkan dapat dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah valid praktis dan efektif dalam pembelajaran sehingga produk yang dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif perangkat pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181567

Actions (login required)

View Item View Item