Pengembangan media f-map pada materi relasi dan fungsi untuk siswa kelas VIII/ Muhammad Tegar Nur Indra Ekasakti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media f-map pada materi relasi dan fungsi untuk siswa kelas VIII/ Muhammad Tegar Nur Indra Ekasakti

Ekasakti, Muhammad Tegar Nur Indra (2020) Pengembangan media f-map pada materi relasi dan fungsi untuk siswa kelas VIII/ Muhammad Tegar Nur Indra Ekasakti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Relasi dan fungsi adalah materi matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Pengaplikasian relasi dan fungsi penting untuk kehidupan manusia karena banyak kegiatan terkait dengan relasi dan fungsi. Dengan demikian penting bagi siswa untuk sepenuhnya memahami relasi dan fungsi. Namun masih banyak siswa yang kesulitan dalam memahami materi ini. Faktor penyebab siswa kesulitan memecahkan masalah matematika pada materi relasi dan fungsi diantaranya adalah (a) kemampuan siswa dan pemahaman konsep dasar relasi dan fungsi yang masih rendah (b) kurangnya pemahaman akan pemaknaan tahapan dan prosedur relasi dan fungsi (c) kurangnya keseriusan dalam belajar dan (d) kemampuan guru dalam menyampaikan materi menggunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil observasi di SMPN 3 Gading ditemukan bahwa pembelajaran di kelas didominasi oleh guru guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran terasa membosankan dan meyebabkan siswa menjadi pasif. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu caranya yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Computer dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa aplikasi berbasis computer bernama F-Map yang valid dan praktis sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar alternatif siswa untuk materi relasi dan fungsi. Model pengembangan pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan Plomp yaitu fase investigasi awal fase desain fase realisasi/konstruksi fase tes evaluasi dan revisi serta fase implementasi. Instrumen data adalah angket yang telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Data diambil dari 10 siswa yang belum mendapatkan materi relasi dan fungsi di tingkat SMP/sederajat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa aplikasi berbasis computer untuk materi relasi dan fungsi yang diberi nama F-Map valid dan praktis sehingga layak digunakan sebagai alternatif sumber belajar siswa pada materi relasi dan fungsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181566

Actions (login required)

View Item View Item