LKPD berbasis penemuan terbimbing berbantuan alat peraga materi luas permukaan dan volume prisma dan limas / Fithroh Nafa Dzillah - Repositori Universitas Negeri Malang

LKPD berbasis penemuan terbimbing berbantuan alat peraga materi luas permukaan dan volume prisma dan limas / Fithroh Nafa Dzillah

Dzillah, Fithroh Nafa Dzillah (2021) LKPD berbasis penemuan terbimbing berbantuan alat peraga materi luas permukaan dan volume prisma dan limas / Fithroh Nafa Dzillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) merupakan lembar berisi tugas yang dibuat untuk mendukung peserta didik agar belajar secara aktif dan mampu mengkonstruksi pengetahuannya secara mandiri. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran matematika di MTs Maskumambang Gresik belum menggunakan LKPD dan hanya diberikan ringkasan materi dan contoh soal sehingga peserta didik menjadi tidak terbiasa dalam mengkonstruk suatu konsep. Oleh karena itu penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis penemuan terbimbing berbantuan alat peraga materi luas permukaan dan volume prisma dan limas yang memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp (penelitian pendahuluan pembuatan prototype dan penilaian). Kelayakan LKPD didasarkan pada hasil uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua validator yaitu validator ahli dan validator praktisi dengan mengisi lembar validasi dan diperoleh hasil bahwa LKPD memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 3 95. Uji kepraktisan dilakukan dengan menggunakan lembar angket respon guru dan memenuhi kriteria praktis dengan skor 3 4 serta lembar angket respon peserta didik dan memenuhi kriteria praktis dengan skor rata-rata 3 36. Uji keefektifan dilakukan dengan mengunakan soal tes dan diperoleh hasil bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan efektif karena 77 78% peserta didik memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. LKPD yang dikembangakan dinyatakan valid praktis dan efektif. Secara keseluruhan guru mampu melakukan pembelajaran menggunakan LKPD dengan mengikuti langkah-langkah pembelajaran pada RPP dan peserta didik tidak mengalami kesulitan untuk mengikuti kegiatan pada LKPD serta mampu mengkonstruksi konsep luas permukaan dan volume prisma dan limas. Sehingga. LKPD layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181563

Actions (login required)

View Item View Item