Komunikasi Matematis siswa bergaya Kognitif Impulsif dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar / Euodia Thessalonika Afhanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Komunikasi Matematis siswa bergaya Kognitif Impulsif dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar / Euodia Thessalonika Afhanto

Afhanto, Euodia Thessalonika (2021) Komunikasi Matematis siswa bergaya Kognitif Impulsif dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar / Euodia Thessalonika Afhanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi matematis siswa bergaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar. Penelitian ini adalah penelitian deskripsi kualitatif dengan metode studi kasus. Pemilihan subjek diawali dengan mengelompokkan gaya kognitif menggunakan instrumen MFFT kemudian dipilih tiga siswa bergaya kognitif impulsif. Ketiga siswa bergaya kognitif impulsif diberikan soal cerita bangun datar untuk diteliti kemampuan komunikasi matematisnya. Komunikasi matematis dibatasi pada komunikasi tertulis dengan indikator memberikan respon dengan jelas membuat sketsa atau permodelan matematis dan mempresentasikan proses penyelesaian masalah secara runtut dan terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bergaya kognitif impulsif cenderung terburu-buru dalam menyelesakan soal cerita dan tidak memenuhi indikator-indikator kemampuan komunikasi matematis Ketiga subjek bergaya kognitif impulsif tidak memenuhi indikator memberikan respon dengan jelas dan menggambar sketsa atau permodelan matematis. Salah satu subjek bahkan salah memahami permasalahan yang diberikan pada soal sehingga penyelesaian yang ditulis juga tidak tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181561

Actions (login required)

View Item View Item