Widayanti, Lia (2010) Pembelajaran integrated model menggunakan bahan ajar IPA terpadu untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa kelas VII SMP Negeri 05 Batu / Lia Widayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Widayanti Lia.2010.Pembelajaran Integrated Model Menggunakan Bahan Ajar IPA Terpadu Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Batu. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I)Drs.Dwi Haryoto M.Pd (II) Dra. Endang Purwaningsih M.Si. Kata kunci IPA Terpadu integrated model keterampilan berpikir siswa Berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal pada kelas VII SMP Negeri 05 Batu ditemukan bahwa pembelajaran IPA sering dilakukan dengan metode ceramah. Rata-rata hasil belajar IPA siswa pada semester sebelumnya 39 19 dan 87 50% siswa mendapatkan nilai di bawah SKM. Kesulitan yang dihadapi oleh guru adalah menyatukan konsep IPA menjadi terpadu mengaktifkan siswa selama proses pembelajaran meningkatkan antusiasme siswa terhadap materi yang diajarkan dan meningkatkan keterampilan berpikir siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka disepakati untuk menerapkan Pembelajaran Integrated Model Menggunakan Bahan Ajar IPA Terpadu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Rangkaian penelitian dilaksanakan mulai tanggal 18 Januari hingga akhir Mei 2010. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 05 Batu semester genap tahun ajaran 2009/2010 sejumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tindakan yaitu RPP dan LKS serta modul IPA Terpadu dan instrumen pengukuran yaitu lembar observasi pertanyaan dan jawaban siswa lembar observasi keterlaksanaan RPP rubrik penskoran jawaban siswa dan tes. Data penelitan berupa data hasil keterlaksanaan RPP dan keterampilan berpikir siswa. Peningkatan keterampilan berpikir yang dicapai oleh siswa ditandai dengan meningkatnya aktivitas tanya jawab siswa selama proses pembelajaran serta meningkatnya hasil tes siswa tiap akhir siklus. Pembelajaran dilaksanakan menggunakan metode eksperimen tanya jawab dan diskusi dengan materi IPA Terpadu. Pelaksanaan pembelajaran integrated model menggunakan bahan ajar IPA Terpadu dengan alokasi waktu 720 menit (3x80 menit perminggu) dengan tema Pemuaian Pada Berbagai Wujud Zat menunjukkan hasil sebagai berikut. Keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran 100% aktivitas guru terlaksanakan dan aktivitas siswa meningkat 16 66 %. Persentase aktivitas tanya jawab selama proses pembelajaran meningkat sebesar 28 13% serta meningkatkan keterampilan berpikir siswa kelas VII SMP Negeri 05 Batu sebesar 93 26% pada siklus II. Dampak positif setelah diterapkan tindakan adalah jumlah siswa kelas VII SMP Negeri 05 Batu yang mampu mencapai SKM meningkat dari 12 50% menjadi 93 75% dengan peningkatan sebesar 81 25%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran integrated model menggunakan bahan ajar IPA Terpadu dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa kelas VII SMPN 05 Batu sebesar 93 26% dan jumlah siswa yang berhasil mencapai SKM hingga 81 25%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |