Pengembangan lembar kegitan siswa berbasis masalah berbantuan google form untuk pemahaman konsep siswa kelas VII SMP pada materi segitiga dan segiempat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kegitan siswa berbasis masalah berbantuan google form untuk pemahaman konsep siswa kelas VII SMP pada materi segitiga dan segiempat

Oktavita, Herlin (2021) Pengembangan lembar kegitan siswa berbasis masalah berbantuan google form untuk pemahaman konsep siswa kelas VII SMP pada materi segitiga dan segiempat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi COVID-19 mengakibatkan berlakunya sistem pembelajaran jarak jauh di Indonesia yang juga menuntut penyederhanaan materi. Dengan adanya perubahan tersebut maka pengembangan bahan ajar yang sesuai perlu dilakukan. Salah satu jenis bahan ajar adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis masalah berbantuan Google Form untuk pemahaman konsep siswa SMP kelas VII pada Materi Segitiga dan Segiempat yang valid praktis dan efektif. Pembelajaran berbasis masalah memungkinkan siswa untuk memproses informasi yang sudah ada dan menyusun pengetahuan mereka sendiri tentang dunia sosial di sekitar. Sedangkan Google Form dapat dijadikan media untuk mengumpulkan jawaban siswa secara jarak jauh. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Plomp. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas 7.3 SMP Negeri 6 Malang yang terdiri dari 13 siswa. Hasil validasi mencapai kriteria valid dengan skor 3 73. Hasil angket respon siswa dan guru mencapai kriteria praktis dengan skor 3 39 dan 3 75 Sedangkan hasil tes akhir menunjukkan bahwa 69% siswa mendapatkan nilai di atas KKM. Maka dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis masalah berbantuan google form untuk siswa kelas VII SMP pada materi segitiga dan segiempat yang dikembangkan memenuhi kategori valid praktis dan efektif. Saran untuk penggunaan LKS selanjutnya adalah proses pembimbingan dan alokasi waktu yang dibutuhkan perlu diperbaiki. Selain itu diperlukan perbaikan redaksi pada permasalahan yang ada di LKS dan penjelasan mengenai materi prasyarat pada LKS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 04:21
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181559

Actions (login required)

View Item View Item