Analisis kesalahan siswa kelas X dalam menyelesaikan soal cerita ungsi Komposisi dan Invers berdasarkan tahapan Kastolan ditinjau dari gaya belajar / Rachmad Andrean Effendi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa kelas X dalam menyelesaikan soal cerita ungsi Komposisi dan Invers berdasarkan tahapan Kastolan ditinjau dari gaya belajar / Rachmad Andrean Effendi

Effendi, Rachmad Andrean (2021) Analisis kesalahan siswa kelas X dalam menyelesaikan soal cerita ungsi Komposisi dan Invers berdasarkan tahapan Kastolan ditinjau dari gaya belajar / Rachmad Andrean Effendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Soal cerita merupakan bentuk soal yang kompleks dalam melatih keterampilan dan ketelitian siswa menjawab soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita fungsi komposisi dan invers berdasarkan tahapan Kastolan ditinjau dari gaya belajar siswa. Pada tahapan Kastolan bentuk-bentuk kesalahan dibedakan menjadi 3 (tiga) bentuk yaitu kesalahan konseptual kesalahan prosedural dan kesalahan teknik. Pada masing-masing bentuk kesalahan akan dianalisis berdasarkan gaya belajar siswa yaitu gaya belajar visual gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Data diperoleh dari hasil tes tulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual cenderung mengalami kesalahan pada semua bentuk tahapan. Siswa dengan gaya belajar auditori memiliki keunggulan pada tahapan teknik sedangkan untuk bentuk kesalahan lain hanya mengalami kesalahan di beberapa soal. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mengalami kesalahan pada setiap nomor soal untuk tiga bentuk kesalahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181554

Actions (login required)

View Item View Item