Pengembangan Instrumen soal HOTS berbasis aplikasi QUIZIZZ SMP kelas viii pada materi Statistika / Bela Septi Indriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Instrumen soal HOTS berbasis aplikasi QUIZIZZ SMP kelas viii pada materi Statistika / Bela Septi Indriani

Indriani, Bela Septi (2021) Pengembangan Instrumen soal HOTS berbasis aplikasi QUIZIZZ SMP kelas viii pada materi Statistika / Bela Septi Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen soal higher order thinking skills (HOTS) berbasis aplikasi Quizizz untuk siswa kelas VIII yang berkualitas baik yang ditinjau dari aspek valid praktis efektif serta menghasilkan butir soal berkualitas. Penelitian ini menggunakan model 4-D (four D model) namun penelitian ini dibatasi hingga tahap development penelitian ini dibatasi hingga tahap development. Pemilihan model 4-D dikarenakan model ini tersusun secara terprogram dengan urut-urutan yang sistematis dalam upaya pengembangan instrumen yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas VIII. Hasil penelitian memperoleh persentase rata-rata total skor validasi ahli sebesar 93 17% dengan kriteria sangat valid uji kepraktisan melalui angket respon siswa dengan perolehan persentase rata-rata total skor 78 17% dengan kriteria praktis serta uji keefektifan dengan perolehan persentase rata-rata total skor 62 90% dengan kriteria cukup efektif . Hasil dari penelitian yang diperoleh dalam uji validitas butir soal terdapat dua soal yang dinyatakan tidak valid karena nilai t hitung kurang dari t tabel. Keofisiean reliabilitas yang diperoleh pada uji reliabilitas adalah 0 444. Dengan demikian instrumen soal HOTS berbasis aplikasi Quizizz yang dikembangkan berkualitas baik karena memenuhi aspek valid praktis efektif serta menghasilkan butir soal berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181551

Actions (login required)

View Item View Item