Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis salingtemas dengan tema perubahan partikel dan wujud zat oleh kalor untuk SMP/MTs kelas VII / Anis Fahrurotul Futihat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis salingtemas dengan tema perubahan partikel dan wujud zat oleh kalor untuk SMP/MTs kelas VII / Anis Fahrurotul Futihat

Futihat, Anis Fahrurotul (2010) Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis salingtemas dengan tema perubahan partikel dan wujud zat oleh kalor untuk SMP/MTs kelas VII / Anis Fahrurotul Futihat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Futihat. Anis F. 2010. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis SALINGTEMAS dengan Tema Perubahan Partikel dan Wujud Zat oleh Kalor untuk SMP/MTs Kelas VII. Skripsi. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D. Kata kunci bahan ajar IPA terpadu perubahan partikel dan wujud zat SALINGTEMAS. Salah satu kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah perubahan kurikulum. Kurikulum yang berlaku di Indonesia saat ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yaitu kurikulum yang ide pengembangannya diletakkan pada posisi paling dekat dengan pembelajaran. KTSP menuntut substansi mata pelajaran IPA pada SMP sebagai IPA Terpadu antara bidang kajian Fisika Kimia dan Biologi. Bahan ajar yang beredar di masyarakat saat ini masih bahan ajar yang terpisah antara ketiga bidang kajian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPA Terpadu dan mengukur kelayakan pengembangan bahan ajar IPA Terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan desain pengembangan Borg and Gall (1983). Prosedur pengembangan terdiri atas 4 tahapan yaitu studi pendahuluan pengembangan draf produk penilaian draf produk dan revisi draf produk. Draf hasil pengembangan diuji kelayakan oleh 3 orang reviewer yaitu dari dosen dan guru. Uji keterbacaan draf dilakukan oleh 7 orang siswa SMPN 6 Blitar. Penilaian uji kelayakan produk pengembangan menggunakan angket tertutup. Data kuantitatif uji kelayakan dianalisis dengan teknik rerata sedangkan data kualitatif berupa tanggapan saran dan kritik digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi produk bahan ajar. Hasil pengembangan ini berupa bahan ajar IPA Terpadu untuk siswa SMP/ MTs Kelas VII dengan tema Perpindahan Kalor dan Akibat yang ditimbulkannya yang mencakup bidang kajian Kimia dan Fisika. Bahan ajar hasil pengembangan dalam bentuk teks 75 halaman yang terdiri dari bagian pendahuluan dan bagian isi. Bagian pendahuluan meliputi halaman muka (cover) kata pengantar daftar isi daftar gambar daftar tabel SK KD dan indikator dan peta konsep. Bagian isi meliputi peta konsep untuk materi yang dibahas uraian materi rangkuman per subbab contoh soal latihan mandiri tugas individu tugas kelompok panduan kegiatan eksperimen latihan rangkuman glosarium evaluasi kunci jawaban dan daftar pustaka. Hasil uji kelayakan bahan ajar yang dikembangkan mempunyai skor total rerata sebesar 3 16 dan termasuk dalam kriteria layak. Hal ini berarti bahwa bahan ajar hasil pengembangan dapat ditindaklanjuti melalui kegiatan uji coba di lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18155

Actions (login required)

View Item View Item