Pembelajaran ekstrakurikuler seni tari untuk pembentukan karakter peserta didik di smp negeri 21 malang / SETYAWATI MEGA ARUMSARI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran ekstrakurikuler seni tari untuk pembentukan karakter peserta didik di smp negeri 21 malang / SETYAWATI MEGA ARUMSARI

Arumsari, Setyawati Mega Arumsari (2021) Pembelajaran ekstrakurikuler seni tari untuk pembentukan karakter peserta didik di smp negeri 21 malang / SETYAWATI MEGA ARUMSARI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Pendidikan merupakan proses untuk menumbuh-kembangkan karakter pikiran dan tubuh peserta didik. Ekstrakurikuler seni tari merupakan pembelajaran di luar jam pelajaran di kelas yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan bakat pembinaan karakter serta meningkatkan prestasi pada peserta didik pada bidang seni tari di SMP Negeri 21 Malang. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah rujukan di Kota Malang yang memiliki berbagai macam prestasi dan kualitas peserta didik yang baik. Kegiatan ekstrakurikuler seni tari diharapkan dapat membentuk karakter peserta didik dengan menunjukkan kemampuan bertanggung jawab disiplin saling bertoleransi rasa ingin tahu dan cinta damai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) pelaksaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari (2) jenis-jenis pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri 21 Malang. Peneliti tertarik mengambil judul penelitian ini karena ingin mengetahui bagaimana proses pembelajaran ekstrakurikuler seni tari dalam membentuk karakter peserta didik sehingga memiliki banyak prestasi dan kualitas peserta didik yang baik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik ekstarkurikuler seni tari di SMP Negeri 21 Malang. Penelitian ini menggu-nakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan pengambilan data melalui wawancara observasi serta angket yang diberikan kepada peserta. Dari hasil pengambilan data kualitatif tersebut selanjutnya data dianalisis. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa kegiatan pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari terbagi menjadi tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pelaksanaan ekstrakurikuler seni tari memuat lima jenis karakter yaitu kedisiplinan toleransi rasa ingin tahu cinta damai dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181544

Actions (login required)

View Item View Item