Pembelajaran kontekstual pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa kelas X.1 SMAN 1 Tumpang / Sri Handayani Fajarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kontekstual pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa kelas X.1 SMAN 1 Tumpang / Sri Handayani Fajarwati

Fajarwati, Sri Handayani (2010) Pembelajaran kontekstual pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa kelas X.1 SMAN 1 Tumpang / Sri Handayani Fajarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajarwati Sri Handayani. 2010. Pembelajaran Kontekstual Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X.1 SMAN 1Tumpang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M.S (II) Drs. Asim M.Pd. Kata kunci Pembelajaran kontekstual PBMP kemampuan berpikir kritis hasil belajar fisika Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas X.1 SMAN 1Tumpang diperoleh informasi metode yang digunakan oleh guru adalah metode klasikal dengan proses pembelajaran berpusat pada guru. Guru menyampaikan materi secara ceramah dan memberikan catatan sedangkan siswa hanya mendengarkan sambil mencatat. Metode klasikal yang diterapkan oleh guru dapat menghambat kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah-masalah fisika dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran yang cocok diterapkan untuk dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah pembelajaran kontekstual pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP). Model pembelajaran PBMP memungkinkan siswa untuk mau mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kontekstual pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X.1 di SMAN 1 Tumpang tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi tes dan catatan lapangan. Penelitian dilaksanakan di kelas X.1 SMAN 1 Tumpang dengan jumlah siswa 38 orang. Hasil analisis pada siklus I dan siklus II menunjukkan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa kelas X.I SMAN 1 Tumpang mengalami peningkatan. Kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan dari 49 7 61477 pada siklus I menjadi 76 82 61477 pada siklus II. Peningkatan hasil belajar fisika siswa dapat dilihat dari meningkatnya aspek kognitif dari 74 pada siklus I menjadi 86 pada siklus II aspek afektif 51 7% pada siklus I menjadi 79 4% pada siklus II dan aspek psikomotorik dari 56% pada siklus I menjadi 80 9% pada siklus II. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa di atas dipengaruhi oleh peningkatan keterlaksanaan pembelajaran yaitu 69 7% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18153

Actions (login required)

View Item View Item