Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) dengan metode eksperimen untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X.6 SMA Negeri 8 Malang / Emil Khusnaini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) dengan metode eksperimen untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X.6 SMA Negeri 8 Malang / Emil Khusnaini

Khusnaini, Emil (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) dengan metode eksperimen untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X.6 SMA Negeri 8 Malang / Emil Khusnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khusnaini Emil. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X.6 SMA Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Asim M.Pd. (II) Drs. Mudjihartono. Kata Kunci model group investigation menggunakan metode eksperimen motivasi belajar fisika prestasi belajar fisika. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas X.6 SMAN 8 Malang diperoleh informasi bahwa selama proses pembelajaran guru memberikan materi fisika dengan menggunakan model pembelajaran tradisional yang didominasi oleh metode ceramah. Metode praktikum hanya beberapa kali dilaksanakan dalam satu semester namun terbatas untuk menguji kebenaran hukum-hukum yang sudah ada. Metode diskusi dengan teman sebaya belum pernah diterapkan sehingga kemampuan untuk bekerja sama dengan teman sebaya menjadi kurang. Selain itu penerapan model pembelajaran yang selalu sama dalam semua materi membuat siswa merasa jenuh pada akhirnya menyebabkan motivasi siswa untuk mengikuti pelajaran fisika menjadi rendah. Motivasi yang rendah juga mengakibatkan prestasi belajar siswa juga rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa adalah model pembelajaran Group Investigation (GI) menggunakan metode eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar fisika dan prestasi belajar fisika siswa kelas X.6 SMAN 8 Malang melalui penerapan model pembelajaran GI menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan adalah penerapan model GI menggunakan metode eksperimen. Penelitian dilakukan di SMAN 8 Malang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X.6 dengan jumlah 37 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Motivasi belajar fisika siswa dikatakan sangat baik jika skor motivasi 4.5 X 8804 5.0 baik jika skor motivasi 3.5 X 8804 4.5 cukup jika skor motivasi 2 5 X 8804 3 5 dan kurang jika skor motivasi 1.5 X 8804 2.5. Jika skor motivasi dibawah 1 5 berati sangat kurang. Prestasi belajar dikatakan berhasil jika persentase siswa yang lulus SKM sebesar 85% dan rata-rata nilai siswa tingkat kelas sebesar 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran GI dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X.6 SMAN 8 Malang. Motivasi belajar fisika siswa secara keseluruhan meningkat dari sebelum tindakan sampai setelah siklus II sebesar 1.11 poin dari 2.92 (motivasi cukup) menjadi 4.03 (motivasi baik). Prestasi belajar siswa untuk tingkat individu yaitu jumlah siswa yang lulus SKM meningkat dari sebelum tindakan sampai setelah siklus II sebesar 51.39% dari 40.5% siswa yang lulus menjadi 91.89%. Prestasi belajar tingkat kelas meingkat 15.13% dari sebelum tindakan yaitu rata-rata 68.89 menjadi 79.31 setelah tindakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18152

Actions (login required)

View Item View Item