Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kendaraan bermotor untuk siswa kelas VIII semester II di SMP Negeri 2 Malang / Mu'minul Muhaimin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kendaraan bermotor untuk siswa kelas VIII semester II di SMP Negeri 2 Malang / Mu'minul Muhaimin

Muhaimin, Mu'minul (2010) Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema kendaraan bermotor untuk siswa kelas VIII semester II di SMP Negeri 2 Malang / Mu'minul Muhaimin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi secara tegas menyatakan bahwa subtansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Berdasarkan data penelitian yang diperoleh kebutuhan guru IPA SMP di Malang Raya terhadap paket IPA Terpadu benarbenar mendesak. Oleh sebab itu sangat beralasan bahwa sebagian besar guru IPA ( 35 dari 37 orang atau 94 6%) menyatakan bahwa mereka membutuhkan paket IPA Terpadu untuk pembelajaran IPA SMP (Koes H. 2006 32). Selain itu hasil pangamatan di beberapa toko buku di kota dan Kabupaten Malang menunjukkan bahwa belum ditemukan buku IPA SMP yang dirancang secara terpadu. Berdasar-kan hal tersebut maka dikembangkan Paket IPA Terpadu yang dapat membantu pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Paket IPA Terpadu dengan tema Kendaraan bermotor dan Panduan Pelaksanaan Pembelajarannya di SMP Negeri 2 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan langkahlangkah yang telah disesuaikan dengan kebutuhan peneliti yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan bentuk awal (4) uji lapangan awal dan (5) revisi produk. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket uji kelayakan Paket IPA Terpadu dan Panduan Pelaksanaan Pembelajarannya. Data hasil uji kelayakan diperoleh dari tim penelaah. Data penelitian terdiri dari dua jenis yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa tanggapan masukan kritik dan saran dari tim penelaah sedangkan data kuantitatif diperoleh dari tim penelaah dengan cara pengisian angket kriteria uji kelayakan. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan nilai rata-rata. Hasil uji kelayakan dari tim penelaah menunjukkan bahwa paket pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dengan nilai ratarata untuk Paket IPA Terpadu adalah 3 56 dan nilai ratarata untuk Panduan Pelaksanaaan Pembelajarannya adalah 3 60 namun perlu adanya direvisi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk melakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut terhadap Paket IPA Terpadu dengan Tema Kendaraan bermotor. Penelitian lebih lanjut adalah dengan melakukan kajian eksperimen dan uji coba yang lebih luas sehingga diperoleh paket dan panduan pelaksanaan yang teruji validitasnya secara empiris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18149

Actions (login required)

View Item View Item