Setiawan, Agung Mulyo (2010) Penerapan pembelajaran kontekstual dengan strategi reciprocal teaching untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa kelas XI IPA 1 SMAN 4 Malang / Agung Mulyo Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Setiawan Agung Mulyo. 2010. Penerapan Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Drs. H. Edi Supriana M.Si. Kata kunci kemampuan berpikir pembelajaran kontekstual reciprocal teaching. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 7 Februari sampai dengan 6 Maret 2010 di kelas XI IPA1 SMA Negeri 4 Malang ditemukan bahwa pembelajaran fisika yang dilakukan selama ini bersumber pada buku siswa kegiatan pembelajaran belum memenuhi filosofi konstruktivisme rendahnya kemampuan berpikir siswa dan nilai UTS beserta ulangan harian yang diperoleh sebelumnya belum mencapai Standar Kompetensi Minimum. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Salah satu tindakan perbaikan adalah dengan penerapan pembelajaran kontekstual dengan strategi Reciprocal Teaching untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua kali siklus. Siklus pertama terdiri atas tiga kali pertemuan dan siklus kedua dua kali pertemuan. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas XI IPA1 semester genap tahun ajaran 2009-2010 SMA Negeri 4 Malang yang berjumlah 36 siswa. Data yang diperoleh berupa kemampuan berpikir siswa yang terdiri dari kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab siswa serta data pendukung berupa hasil tes akhir siklus dan catatan lapangan. Kemampuan bertanya siswa diukur berdasarkan frekuensi pertanyaan siswa pada 10 kategori dengan revisi taksonomi Bloom yang terdiri dari remember understand apply dan analysis. Kemampuan menjawab siswa diukur berdasarkan frekuensi dalam 10 kategori yaitu pemahaman konsep keruntutan pola pikir dan gramatika bahasa yang digunakan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab siswa RPP LKS tes akhir siklus dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh berturut-turut kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab siswa pada siklus I sebesar 57 6% dan 57 1% sedangkan pada siklus II sebesar 80 6% dan 87 5%. Meningkatnya persentase kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab siswa menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dengan strategi Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18146 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |