Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema cahaya untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang / Ahmad Mukhlis Anshori - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema cahaya untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang / Ahmad Mukhlis Anshori

Anshori, Ahmad Mukhlis (2010) Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema cahaya untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang / Ahmad Mukhlis Anshori. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anshori Ahmad Mukhlis. 2010. Pengembangan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Cahaya untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A (2) Drs. Triastono Imam P M.Pd Kata kunci IPA Terpadu konstruktivisme cahaya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi secara tegas menyatakan bahwa substansi pembelajaran IPA SMP/MTs adalah pembelajaran IPA terpadu. Hasil penelitian kebutuhan paket IPA terpadu di Malang Raya menunjukkan bahwa kebutuhan paket IPA Terpadu sangat mendesak. Sebanyak 94 6% guru membutuhkan paket IPA Terpadu sehingga perlu dikeluarkan paket IPA Terpadu (Koes H 2008). Berdasarkan alasan di atas maka disusunlah sebuah paket IPA Terpadu dengan tema cahaya untuk SMP kelas VIII semester II. Selain paket IPA Terpadu disusun pula panduan pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan. Pengembangan paket IPA Terpadu dan panduan pelaksanaan pembelajaran melalui lima langkah yaitu studi pendahuluan perencanaan pengembangan bentuk awal produk uji lapangan awal dan revisi produk utama. Untuk mengetahui kelayakan paket IPA Terpadu dan panduan pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu dengan tema cahaya maka dilakukan uji validasi kepada tim ahli dan pengguna produk. Tim ahli terdiri dari dua orang dosen IPA sedangkan pengguna produk terdiri dari dua orang guru IPA SMP Negeri 10 Malang. Selain validasi oleh dosen dan guru IPA juga dilakukan uji keterbacaan oleh enam orang siswa yang memiliki tingkat penguasaan IPA tinggi sedang dan rendah. Hasil validasi menunjukkan nilai rata-rata untuk paket IPA Terpadu dengan tema cahaya adalah sebesar 3 39 yang dapat dikategorikan layak. Hasil validasi terhadap panduan pelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 3 12 yang dapat dikategorikan cukup layak. Meskipun demikian kedua produk tersebut belum bisa digunakan untuk pembelajaran karena belum dilakukan uji empiris. Oleh karena itu perlu dilakukan uji empirik untuk mengetahui apakah paket IPA Terpadu yang dikembangkan layak untuk digunakan atau tidak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18145

Actions (login required)

View Item View Item