Penerapan activity based assessment dalam model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses siswa SMA kelas X semester 2 SMA Negeri 9 Malang / Intan Aprilia Pradibtha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan activity based assessment dalam model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses siswa SMA kelas X semester 2 SMA Negeri 9 Malang / Intan Aprilia Pradibtha

Pradibtha, Intan Aprilia (2010) Penerapan activity based assessment dalam model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses siswa SMA kelas X semester 2 SMA Negeri 9 Malang / Intan Aprilia Pradibtha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pradibtha Intan Aprilia. 2010. Penerapan Activity Based Assesment dalam Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa SMA Kelas X Semester 2 SMA Negeri 9 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Asim M.Pd. (II) Sugiyanto S. Pd M. Si. Kata kunci Activity Based Assesment Pembelajaran Model Inkuiri Keterampilan Proses Observasi yang dilakukan di SMAN 9 Malang didapatkan bahwa pembela-jaran yang dilakukan hanya pembelajaran konvensional. Praktikum jarang dilaku-kan oleh siswa karena laboratorium diperbaiki sejak tahun 2008. Penilaian yang digunakan hanya sebatas penilaian aspek kognitif tanpa mempedulikan proses da-lam kegiatan pembelajaran tersebut. Penilaian hanya berupa tugas maupun tes kinerja siswa dalam melakukan pembelajaran tidak pernah diperhitungkan. De-ngan pembelajaran konvensional dan penilaian yang hanya aspek kognitif saja menyebabkan keterampilan proses siswa menjadi rendah. Siswa hanya sebatas menerima konsep dan pasif sehingga keterampilan proses siswa menjadi sangat rendah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kua-litatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMAN 9 Malang de-ngan jumlah 39 siswa. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah kalor. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman penilaian Activity Based Assesment lembar wawancara dan lembar observasi berupa lembar keter-laksanaan pembelajaran inkuiri penggunaan Activity Based Assesment dan lembar kete-rampilan proses rekaman data dan catatan lapangan. Instrumen pembelaja-ran yang digunakan meliputi LKS dan RPP. Keterlaksanaan pembelajaran model inkuiri dalam penelitian ini yaitu se-besar 79 6% dan dapat dikategorikan baik. Sedangkan pada Activity Based Assesment semua tahapan telah terlaksana 100%. Hasil penelitian tentang kete-rampilan proses ilmiah siswa pada penelitian meningkat yaitu sebesar 1 44 siklus I rata-rata keterampilan proses siswa sebesar 0 91 (kurang) dan pada siklus II sebesar 2 35 (cukup). Pada siklus I didapatkan aspek mengamati 1 26 (kurang) menafsirkan 0 67 (kurang) meramalkan 1 9 (cukup) mengunakan 1 27 (kurang) menerapkan 0 55 (kurang) merencanakan 0 64 (kurang) berkomunikasi 0 51 (kurang) dan bertanya 0 48 (sangat rendah). Pada siklus II didapatkan aspek mengamati 2 59 (baik) menafsirkan 2 15 (cukup) meramalkan 2 67 (baik) mengunakan 2 71(baik) menerapkan 2 57 (baik) merencanakan 2 05 (cukup) berkomunikasi 1 84 (cukup) dan bertanya 2 18 (cukup). Peningkatan semua aspek keterampilan proses dari siklus I ke siklus II mencapai lebih dari 100%. Berdasar-kan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa keterampilan proses siswa mengalami peningkatan melalui penerapan Activity Based Assement dalam model pembelajaran inkuiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18144

Actions (login required)

View Item View Item