Pengembanmgan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema mata untuk siswa SMP Negeri 4 Malang / Chintya Indika Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembanmgan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema mata untuk siswa SMP Negeri 4 Malang / Chintya Indika Rahayu

Rahayu, Chintya Indika (2010) Pengembanmgan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema mata untuk siswa SMP Negeri 4 Malang / Chintya Indika Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Chintya Indika. 2010. Pengembangan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Mata Untuk Siswa SMP Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang (I) Drs. Supriyono Koes H. M.Pd MA (II) Drs. Triastono Imam P. M.Pd. Kata kunci Pengembangan Paket IPA Terpadu Mata Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Selain itu penelitian evaluatif terhadap pendidikan IPA di SMP yang dilaksanakan di lima propinsi di Indonesia pada tahun 1996 menunjukkan bahwa pendidikan IPA di SMP masih mengalami berbagai masalah. Berdasarkan hasil penelitian pendidikan terhadap pengembangan paket IPA Terpadu berbasis kostruktivisme di wilayah Malang Raya pada tahun 2008 menunjukkan bahwa kebutuhan guru IPA terhadap Paket IPA Terpadu benar-benar mendesak. Sebagian besar guru IPA (35 dari 37 orang atau 94 6%) menyatakan bahwa mereka membutuhkan paket IPA terpadu untuk pembelajaran IPA SMP seperti guru IPA di SMP Negeri 4 Malang. Kondisi di SMP Negeri 4 Malang tidak menggunakan paket IPA Terpadu yang benar-benar dirancang secara terpadu artinya antar mata pelajaran biologi fisika dan kimia masih terpisah-pisah penyajiannya dalam paket IPA Terpadu. Selain itu hasil pengamatan di beberapa toko buku di Kota Malang menunjukkan bahwa tidak ditemukan buku IPA SMP yang benar-benar dirancang secara terpadu. Oleh sebab itu perlu dikembangkan paket IPA Terpadu yang dapat membantu proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menyusun paket IPA Terpadu tema Mata bagi siswa dan panduan pelaksanaannya bagi guru IPA di SMP Negeri 4 Malang. Metode penilitian menggunakan penelitian pengembangan yang terdiri atas 5 dari 10 tahap penelitian pengembangan Borg dan Gall yaitu (1) Studi pendahuluan (2) Perencanaan (3) Pengembangan bentuk awal produk (4) Uji lapangan awal dan (5) Revisi produk. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang diisi oleh validator. Jenis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari analisis nilai rata-rata angket skala Likert sedangkan data kualitatif berupa tanggapan saran dan kritik dari validator. Validator berasal dari dosen fisika dosen kimia guru IPA SMP dan siswa SMP kelas IX semester I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket IPA Terpadu tema Mata di SMP Negeri 4 Malang sudah memenuhi kriteria layak dengan skor rata-rata 3 47 sehingga paket IPA Terpadu dengan tema Mata ini dapat digunakan oleh siswa SMP. Panduan guru paket IPA Terpadu tema Mata di SMP Negeri 4 Malang juga memenuhi kriteria cukup layak dengan skor rata-rata 3 23 sehingga panduan guru paket IPA Terpadu tema Mata sudah dapat digunakan oleh guru SMP. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap paket IPA Terpadu dengan melakukan kajian eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18143

Actions (login required)

View Item View Item