Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema "mata" bagi siswa SMP Negeri 1 Tumpang / Rohman Aminullah Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema "mata" bagi siswa SMP Negeri 1 Tumpang / Rohman Aminullah Firdaus

Firdaus, Rohman Aminullah (2010) Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema "mata" bagi siswa SMP Negeri 1 Tumpang / Rohman Aminullah Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firdaus Rohman Aminullah. 2010. Pengembangan Paket Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme Tema Mata Bagi Siswa SMP Negeri 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Supriyono Koes H. M.Pd MA (II) Drs. Triastono Imam P. M.Pd. Kata kunci Pengembangan Paket IPA Terpadu Konstruktivisme Mata Hasil survey terbatas pada guru-guru IPA SMP/MTs di Jawa Timur dalam beberapa pelatihan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan) yang diselenggarakan oleh proyek MBE tahun 2006 menunjukkan bahwa sebagian besar guru (92 dari 118 orang atau 79%) mengalami kesulitan untuk merancang pembelajaran IPA Terpadu berdasarkan standar isi pada kurikulum IPA. Oleh sebab itu hampir semua guru SMP belum melaksanakan pembelajaran secara terpadu (Koes H. dkk 2008). Selain itu hasil pengamatan di beberapa toko buku di Kota Malang menunjukkan bahwa belum ditemukan buku IPA SMP yang dirancang secara terpadu. Padahal Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Berdasarkan hal tersebut maka dikembangkan Paket Pembelajaran IPA Terpadu yang dapat membantu pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu. Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan paket pembelajaran IPA Terpadu dengan tema mata untuk siswa SMP Negeri 1 Tumpang. Metode pengembangan paket pembelajaran yang digunakan adalah penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall langkah-langkah penelitian ini adalah (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan bentuk awal produk (4) penilaian produk dan (5) revisi produk (Borg dan Gall 2003 dalam Koes H. 2008). Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner kelayakan paket pembelajaran IPA Terpadu dengan tema mata dan panduan pelaksanaannya yang diisi oleh validator. Jenis data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa tanggapan saran maupun kritik dari validator dan hasil keterbacaan siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh dari analisis nilai rata-rata kuesioner skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket pembelajaran yang dikembangkan layak diuji cobakan namun perlu direvisi dengan skor rata-rata untuk paket IPA Terpadu adalah 3 5 dan skor rata-rata untuk panduan pelaksanaannya adalah 3 31. Berdasarkan hasil pengembangan disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap paket IPA Terpadu ini dengan melakukan uji coba berulang terhadap paket IPA Terpadu dan panduannya. Sebelum paket dan panduan digunakan hendaknya dilakukan penelitian eksperimen terlebih dahulu agar diketahui keefektifan dan efisiensinya dalam pembelajaran IPA Terpadu sehingga diperoleh paket dan panduan yang layak dan dapat digunakan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18142

Actions (login required)

View Item View Item