Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema ion kelas IX semester 1 di SMP Negeri 3 Lawang / Dewi Yuliani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema ion kelas IX semester 1 di SMP Negeri 3 Lawang / Dewi Yuliani

Yuliani, Dewi (2010) Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema ion kelas IX semester 1 di SMP Negeri 3 Lawang / Dewi Yuliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuliani Dewi. 2010. Pengembangan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Ion Kelas IX Semester 1 di SMP Negeri 3 Lawang. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Supriyono Koes H. M.Pd. M.A. (II) Drs. Parlan M.Si. Kata kunci IPA Terpadu konstruktivisme tema ion Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 menyatakan secara tegas bahwa substansi mata pelajaran IPA di SMP/MTs merupakan IPA terpadu. Hasil penelitian kepada guru IPA SMP se-Malang Raya bahwa sebagian besar guru (94 6%) membutuhkan paket IPA Terpadu untuk pembelajaran IPA dan mereka menghendaki bahwa paket IPA Terpadu tersebut benar-benar menunjukkan keterpaduan antara biologi fisika dan kimia. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa belum ditemukan buku IPA SMP/MTs yang dirancang secara terpadu. Untuk memecahkan permasalahan tersebut dilakukan penyusunan bahan ajar IPA Terpadu dan Panduan Pelaksanaan Pembelajaran IPA Terpadu dengan tema ion serta pengujian kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Langkah penelitian pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini adalah (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan bentuk awal produk (4) uji lapangan awal dan (5) revisi produk utama. Kelayakan Paket IPA Terpadu dengan Tema Ion dan Panduan Pelaksanaan Pembelajran IPA Terpadu dengan tema ion diukur dari hasil validasi yang dilakukan oleh 2 dosen FMIPA UM dan 2 guru IPA SMP Negeri 3 Lawang serta 6 orang siswa kelas IX SMP Negeri 3 Malang untuk uji coba keterbacaan paket IPA Terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Paket IPA Terpadu dengan Tema Ion memperoleh nilai rata-rata 3 60 yang berarti layak Panduan Pelaksanaan Pembelajaran IPA Terpadu memperoleh nilai rata-rata 3 30 yang berarti layak. Berdasarkan hasil validasi isi Paket IPA Terpadu dan Panduan Pelaksanaan IPA Terpadu dengan Tema Ion layak untuk digunakan sebagai panduan dan sumber belajar bagi siswa SMP Kelas IX Semester 1 khususnya di SMP Negeri 3 Lawang. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk melakukan pengujian empiris (lapangan) terhadap paket IPA Terpadu dan Panduan Pelaksanaan Pembelajaran IPA Terpadu dengan tema ion sehingga diperoleh paket dan panduan pelaksanaan yang teruji validitas secara empiris. Selain itu uji empiris diharapkan dapat mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan Paket IPA Terpadu dengan Tema Ion.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18141

Actions (login required)

View Item View Item