Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema peredaran darah untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 20 Malang / Rayendra Wahyu Bachtiar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema peredaran darah untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 20 Malang / Rayendra Wahyu Bachtiar

Bachtiar, Rayendra Wahyu (2010) Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema peredaran darah untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 20 Malang / Rayendra Wahyu Bachtiar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bachtiar Rayendra W. 2010. Pengembangan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Peredaran Darah untuk Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 20 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Supriyono Koes H. M.Pd M.A (2) Drs. Triastono Imam P. M.Pd Kata kunci Konstruktivisme Paket IPA Terpadu tema Peredaran Darah Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 secara tegas menyatakan bahwa subtansi mata pelajaran IPA untuk SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Meskipun demikian penelitian Koes H. (2008 32) terhadap guru IPA SMP di Malang Raya tahun 2008 menunjukkan bahwa 5 4% guru tidak mengetahui pembelajaran IPA SMP dilaksanakan secara terpadu dan juga 94 6% guru membutuhkan paket IPA terpadu untuk pembelajaran IPA SMP. Selain itu hasil wawancara dengan guru IPA SMP kelas VIII di SMP Negeri 20 Malang diperoleh bahwa meskipun struktur matapelajaran IPA di sekolah tersebut sudah menerapkan IPA terpadu tetapi guru masih sulit untuk menerapkannya di kelas. Hal ini dikarenakan buku yang digunakan oleh guru belum membahas IPA secara terpadu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan Paket IPA Terpadu berbasis Konstruktivisme dengan tema Peredaran Darah untuk siswa SMP kelas VIII dan untuk mendeskripsikan kelayakan Panduan Guru Paket IPA Terpadu dengan tema Peredaran Darah. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Borg dan Gall) yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan bentuk awal produk (4) uji lapangan awal dan (5) revisi produk utama. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kelayakan Paket IPA Terpadu tema Peredaran Darah untuk siswa SMP kelas VIII dan Panduan Guru Paket IPA Terpadu tema Peredaran Darah. Uji kelayakan dilakukan oleh 2 Dosen FMIPA UM (kimia dan biologi) dan 2 Guru IPA kelas VIII di SMPN 20 Malang. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa angka-angka dari angket dan data kualitatif berupa tanggapan kritik dan saran dari Evaluator serta hasil uji keterbacaan oleh siswa terhadap Paket IPA Terpadu tema Peredaran Darah untuk siswa SMP kelas VIII. Hasil uji kelayakan terhadap Paket IPA Terpadu tema Peredaran Darah untuk siswa SMP kelas VIII diperoleh nilai rata-rata 3 62 dan Panduan Guru Paket IPA Terpadu tema Peredaran Darah diperoleh nilai rata-rata 3 58 sehingga keduanya dapat dikategorikan layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Paket IPA Terpadu tema Peredaran Darah untuk siswa kelas VIII dan Panduan Guru Paket IPA Terpadu tema Peredaran Darah layak digunakan dalam pembelajaran IPA terpadu. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk melakukan uji eksperimen terhadap Paket IPA Terpadu tema Peredaran Darah sehingga dapat diketahui tingkat efektifitas penerapannya dalam pembelajaran IPA terpadu dan juga disarankan untuk mengembangkan Paket IPA Terpadu dengan topik yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18136

Actions (login required)

View Item View Item