Penerapan model learning cycle (LC) 5 fase berbantuan peta konsep untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA-2 SMAN 10 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Rifqi Amalia

Amalia, Rifqi (2010) Penerapan model learning cycle (LC) 5 fase berbantuan peta konsep untuk meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA-2 SMAN 10 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Rifqi Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia, Rifqi.2010. Penerapan Model Learning Cycle (LC) 5 Fase Berbantuan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA-2 SMAN 10 Malang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Purwaningsih, M.Si dan (II) Drs. Sirwadji. Kata Kunci: Learning Cycle (LC) 5 fase, Peta Konsep, Kemampuan Kerja Ilmiah, Prestasi Belajar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas XI IPA 2 mulai bu-lan Februari 2010 sampai bulan April 2010 mendapatkan fakta-fakta yaitu: 1) 70%-95% kemampuan penyelidikan/penelitian siswa rendah; 2) 84% kemampuan komunikasi ilmiah siswa rendah; 3) 50%-60% kemampuan pemecahan masalah dan sikap ilmiah siswa rendah; 4) 95% prestasi belajar siswa di bawah ketuntasan minimum. Fakta-fakta tersebut menunjukkan bahwa kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa masih rendah. Hasil diskusi antara peneliti dan guru me-nyimpulkan bahwa melalui pembelajaran dengan model Learning Cycle (LC) 5 fase berbantuan peta konsep maka kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa akan dapat mengalami peningkatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus tindakan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa kemampuan kerja ilmiah siswa yang diperoleh melalui observasi selama penelitian, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh mela-lui pretes dan postes pada setiap awal dan akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model Learning Cycle (LC) 5 fase berbantuan peta konsep dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA-2 SMA Negeri 10 Malang. Secara umum, kemampuan kerja ilmiah siswa meningkat dari siklus I sebesar 63,14% (kategori cukup) menjadi 75,71% (kategori baik) pada siklus II. Selain itu, presta-si belajar siswa juga meningkat dari skor rata-rata kelas sebesar 68,57 dan ketun-tasan klasikal 69% pada siklus I dan meningkat menjadi 92,45 dan ketuntasan kla-sikal 100% pada siklus II. Hasil perhitungan gain score yaitu 0,3 pada siklus I dan 0,87 pada siklus II menunjukkan bahwa model learning cycle 5 fase berban-tuan peta konsep sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran fisika di kelas XI IPA-2 SMA Negeri 10 Malang. Peningkatan kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa ini juga disebabkan oleh beberapa tindakan perbaikan yang dilakukan oleh guru pada sik-lus II berdasarkan kelemahan-kelemahan pada siklus I. Tindakan perbaikan terse-but yaitu: (1) memaksimalkan fungsi guru sebagai mediator dengan menjelaskan langkah-langkah pelaksanaan praktikum; (2) mendorong siswa untuk mengkomu-nikasikan hasil maupun masalah praktikumnya dengan menunjuk siswa secara acak; (3) mengurangi kegiatan pembimbingan saat praktikum sehingga siswa le-bih terdorong untuk memecahkan masalahnya sendiri; (4) memberikan jumlah LKS yang mencukupi; dan (5) membimbing siswa saat mengerjakan peta konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18135

Actions (login required)

View Item View Item