Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dengan Metode Diskusi Kelompok Kecil Siswa Kelas II SLTPN I Wagir Malang Tahun Ajaran 2000 / 2001 oleh Susiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dengan Metode Diskusi Kelompok Kecil Siswa Kelas II SLTPN I Wagir Malang Tahun Ajaran 2000 / 2001 oleh Susiyanti

Susiyanti (2010) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dengan Metode Diskusi Kelompok Kecil Siswa Kelas II SLTPN I Wagir Malang Tahun Ajaran 2000 / 2001 oleh Susiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaranfi sika sedapamt ungkin dilatekan dalam suasanay ang menyenangkanJ.i ka suasanain i bisa diciptakanm aka siswad apatb erkembangk e arahyangpositif sehinggad iperolehh asil yangm ernuaskanO. leh karenai tu perlu dilakukanp emilihanm etodep embelajarany angt epat.M etoded iskusi kelompok kecil dapat dipilih sebagai salah satu altematif karena metode ini akan membuat siswaa ktif dan memiliki beberapak euntungana ntaral ain siswad apatb ekerjas ama dengant emannyas ehinggad iperolehk aputusany ang lebih kaya dan sisway ang pendiama kan lebih bebasm engemukakanp endapatnyad alamk elompoky angk ecil. Penelitiani ni ingin mencarib agaimanap enerapanm etoded iskusik elompokk ecil untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkanc aram enerapkanm etoded iskusi kelompokk ecil yangdapat meningkatkanh asil belajar siswa.S elaini tu juga mendeskipsikanh ambatanhambatany angm uncul selamap enerapanm etoded iskusi kelompokk ecil pada pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbentuk tindakan kelas dan dirancangd alamt iga siklus kegiatan.M asing-masingte rdiri dari empatt ahapan yangt erdiri dari refleksi perencanaantin dakaq pelaksanaantin dakan d an observasi. Berhubung penelitian berbentuk penelitian tindakan kelas maka seluruh populasi adalah seluruh siswa kelas IIa. Tindakan yang diberikan pada penelitian ini berupa pembelajarand enganm enerapkanm etoded iskusik elompokk ecil. Hasil penelitian yang diperoleh menuqiukkan bahwa dengan memberikan tindakanb erupap enerapanm etoded iskusi kelompokk ecil dapatm eningkatkanh asil belajars iswa.H ambatany ang muncul selamap rosesp embelajarana dalahs iswa ramai jika waktu yang disediakan untuk diskusi kelompok terlalu lama sebagian siswat idak yakin denganja wabany angd iperolehd ari diskusi kelompoks ehingga perlu adanya tindak lanjut berupa diskusi kelas dan jika materi berupa hitungan siswam engalamik esulitanm enentukanr umusd an menyelesaikanh itungannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18134

Actions (login required)

View Item View Item