Sari, Ita Rahma (2010) Pengaruh penggunaan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema air terhadap kompetensi IPA siswa kelas VIIF SMP Negeri 8 Malang semester 2 / Ita Rahma Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahma Sari Ita. 2010. Pengaruh Penggunaan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme Dengan Tema Air Terhadap Kompetensi IPA Siswa Kelas VIIF SMP Negeri 8 Malang Semester 2 Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eddy Supramono (II) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd. Kata Kunci IPA Terpadu Paket IPA Terpadu Kompetensi IPA Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA pada SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Penelitian evaluatif yang dilaksanakan di SMP Negeri Malang Raya menunjukkan bahwa pembelajaran IPA Terpadu di SMP masih mengalami berbagai masalah sehingga pada tahun 2009 telah dikembangkan paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema air oleh Ani Rahmawati. Paket IPA ini sudah divalidasi kelompok ahli tetapi sampai sekarang belum diterapkan di sekolah-sekolah. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan Paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme terhadap Kompetensi IPA yang meliputi prestasi belajar kerja ilmiah dan skala sikap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 8 Malang Tahun Pelajaran 2009/2010. Sampel penelitian dipilih dua kelas secara random sampling dan terpilih kelas VIIF dan VIIG. Kelas VIIF berjumlah 41 siswa ditetapkan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VIIG berjumlah 41 siswa ditetapkan sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar menggunakan Paket IPA Terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema air oleh Ani Rahmawati sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan paket IPA seperti biasanya. Kedua kelas tentunya memperoleh materi yang sama sesuai SK dan KD. Kompetensi IPA yang diteliti meliputi prestasi kerja ilmiah dan skala sikap yang diperoleh dari data pretes dan postes. Instrumen penelitian ini berupa tes (prestasi belajar dan kerja ilmiah) dan Non-tes (skala sikap) yang sudah diuji validitas maupun reliabilitasnya. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan Statistik Parametik yaitu Uji Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk tingkat signifikansi 0 05 hipotesis h0 ditolak. Hal ini berarti prestasi belajar dan kerja ilmiah kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol tetapi skala sikap kelas eksperimen tidak lebih tinggi dari kelas kontrol. Dibuktikan dengan Uji Lanjut Sidak yang mana skor rata-rata postes Kompetensi IPA kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Skor rata-rata postes prestasi belajar untuk kelas eksperimen 18 522 sedangkan kelas kontrol 15 332. Skor rata-rata kerja ilmiah untuk kelas eksperimen 13 848 sedangkan kelas kontrol 11 737. Skor rata-rata skala sikap untuk kelas eksperimen 62 626 sedangkan kelas kontrol 63 252.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18133 |
Actions (login required)
View Item |