Lestari, Yusela Evita (2010) Penerapan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA & SMA Negeri 1 Manyar Gresik / Yusela Evita Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Evita Yusela 2010. Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Skripsi jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eddy Supramono Pembimbing (II) Drs. Yoyok Adisetio Leksono M.Si. Kata Kunci Problem Based Learning (PBL) Keterampilan Proses Hasil Belajar Fisika Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh guru di SMA Negeri 1 Manyar Gresik bahwa siswa masih kurang aktif jika diberi kesempatan siswa jarang bertanya atau menyampaikan pendapat. Siswa kurang berkesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan belum terlibat secara maksimal dalam proses pembelajaran dikarenakan pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Akibatnya keterampilan proses keaktifan siswa dan hasil belajar yang dicapai belum maksimal karena siswa yang belum mencapai KKM sebesar 60%. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar fisika siswa adalah pembelajaran PBL. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar Fisika siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Manyar Gresik dengan penerapan PBL. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan yang diberikan berupa penerapan model pembelajaran PBL. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Manyar Gresik dengan jumlah 35 siswa. Instrumen penelitian yaitu RPP dan LKS lembar keterlaksanaan PBL format catatan lapangan lembar observasi keterampilan proses observasi afektif dan tes kognitif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Hasil analisis dapat dilihat peningkatan keterampilan proses pada siklus I dari 59 49% dengan kriteria cukup baik menjadi 73 49% dengan kriteria baik. Afektif siswa pada siklus I 64 82% cukup baik menjadi 75 00% dengan kriteria baik. Hasil belajar kognitif Fisika juga menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pada siklus I 73 42 menjadi 81 00. Peningkatan nilai rata-rata pada setiap siklusnya yang berdampak positif terhadap ketuntasan belajar. Kesimpulan yang diperoleh bahwa PBL mampu meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar Fisika siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Manyar Gresik. Saran yang diajukan adalah (1) Bagi guru bidang studi dianjurkan menggunakan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran Fisika untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa. (2) Bagi siswa agar melatih diri berpikir kritis dalam memecahkan masalah serta melibatkan kemampuan intelektual agar diperoleh hasil belajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18128 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |