pengembangan media pembelajaran game edukasi berbasis mobile tentang konsep seni rupa di smk / nur azlin amiratasya - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media pembelajaran game edukasi berbasis mobile tentang konsep seni rupa di smk / nur azlin amiratasya

Amiratasya, Nur Azlin Amiratasya (2021) pengembangan media pembelajaran game edukasi berbasis mobile tentang konsep seni rupa di smk / nur azlin amiratasya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada Kurikulum 2013 Revisi mata pelajaran Seni Budaya di SMK hanya diajarkan pada tingkat kelas X. Hal ini menjadikan pembelajaran kurang efektif dikarenakan terbatasnya waktu guru untuk mengajar Dalam pembelajaran daring seperti saat ini (dampak pandemi Covid 19) siswa kurang tertarik dengan sajian materi yang diberikan. Kedua hal tersebut menjadikan pemahaman siswa terhadap konsep seni rupa masih rendah. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran baru yang efektif dan dapat menarik siswa untuk belajar konsep seni rupa yang kemudian dapat mengantarkan siswa untuk meningkatkan kompetensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran untuk materi konsep seni rupa dengan menciptakan media yang efektif dan menarik. Jenis media yang akan dikembangkan berupa game edukasi berbasis mobile yang mencakup (1) Unsur dan prinsir seni rupa (2) Dimensi dalam seni rupa (3) Fungsi dalam seni rupa (4) Teknik dalam berkarya seni rupa dan (5) Media dalam berkarya seni rupa. Metode yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Pada proses pengembangannya media akan melalui uji validasi sehingga dapat diketahui tingkat kelayakannya. Validasi produk dilakukan oleh ahli media ahli materi dan kelompok terbatas dengan mengambil subjek siswa kelas X jurusan TKRO di SMK Negeri 1 Bandung. Produk dari penelitian dan pengembangan ini berupa aplikasi game bernama SERPA GAME. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa game edukasi berbasis mobile sangat valid. Perolehan nilai dari ahli media sebesar 96% ahli materi 90% dan uji coba terbatas 86 2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa game edukasi berbasis mobile yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat valid dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran konsep seni rupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181276

Actions (login required)

View Item View Item