Analisis visual desain cover novel - novel karya boy candra / Franciscus Xaverius Langga - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis visual desain cover novel - novel karya boy candra / Franciscus Xaverius Langga

Langga, Franciscus Xaverius Langga (2021) Analisis visual desain cover novel - novel karya boy candra / Franciscus Xaverius Langga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Novel merupakan karya fiksi yang dicetak seperti sebuah buku dan memiliki cover. Cover novel merupakan salah satu elemen yang dapat meningkatkan jumlah penjualan untuk buku tersebut. Oleh karena itu cover novel juga merupakan hal penting maka dari itu cover didesain secara menarik termasuk novel-novel karya Boy Candra. Cover novel-novel ini menjadi identitas pengarang dan novelnya pun menjadi salah satu alas an untuk menjadi best seller pada tahun 2016. Data ini dapat dilihat dari data penjualan mediakita. Atas alasan tersebut novel yang diterbitkan pada tahun 2016 ini kemudian diangkat menjadi sebuah film layar lebar pada tahun 2020. Beberapa unsur yang dapat menyusun sebuah desain cover yaitu ilustrasi warna tipografi dan layout. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui desain visual cover novel-novel Boy Candra yang meliputi beberapa hal yaitu ilustrasi warna tipografi dan layout. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian observasi dan studi pustaka. Dengan menggunakan metode dan instrumen penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa desain cover ilustrasi yang digunakan pada cover menggunakan ilustrasi naturalis warna yang digunakan pada cover adalah warna akromatik hitam dan putih yang terlihat simple elegan misterius dan sedih. Selain itu desain tulisan pada cover menggunakan jenis tipografi yang konsisten pada cover novel karya Boy Candra contohnya pada nameplate/logo sinopsis masthead dan juga headline yang menggunakan font script and cursive.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181272

Actions (login required)

View Item View Item