Fakhriani, Eva (2010) Efektivitas pembelajaran fisika menggunakan peta konsep untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas XI-IPA MAN 3 Malang / Eva Fakhriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fakhriani Eva. 2010. Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Peta Konsep untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI-IPA MAN 3 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eddy Supramono (II) Dra. Hartatiek M.Si. Kata kunci pembelajaran efektif peta konsep prestasi belajar Guru sebagai orang yang bertanggung jawab dalam mendesain dan melaksanakan pembelajaran dituntut selalu mengupayakan pembelajaran yang efektif. Karena proses belajar yang efektif akan membantu siswa mencapai kualitas prestasi belajar yang baik. Kualitas prestasi belajar ini dapat dilihat dari peningkatan prestasi belajar siswa. Fisika merupakan mata pelajaran yang membutuhkan pemahaman konsep secara utuh sampai pada manfaat dari konsep-konsep tersebut. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran melalui strategi belajar bermakna. Salah satu cara untuk membuat siswa belajar bermakna adalah dengan meminta siswa membuat peta konsep. Peta konsep merupakan bagan skematik yang menggambarkan pengertian konseptual dan keterkaitan antara konsep-konsep yang disusun mulai dari konsep yang paling umum ke konsep yang paling khusus dalam suatu rangkaian pernyataan. Penggunaan peta konsep dalam pembelajaran fisika perlu dilakukan karena dengan membuat mempelajari dan mendiskusikan peta konsep akan memperjelas ide yang kurang dipahami atau kurang dikuasai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika menggunakan peta konsep untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas XI-IPA MAN 3 Malang. Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Malang pada materi Fuida Statik. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen. Desain eksperimen dalam penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Kelompok eksperimen diajar menggunakan peta konsep dan kelompok kontrol tanpa menggunakan peta konsep. Variabel terikat yang diteliti dalam penelitian ini adalah peningkatan prestasi belajar fisika. Data prestasi belajar diambil menggunakan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum menerima materi fluida statik (pre-test) dan setelah menerima materi fluida statik (post-test). Peningkatan prestasi belajar siswa dicari menggunakan gain score ternormalisasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata gain score ternormalisai kelompok eksperimen 0 60 dan kelompok kontrol 0 46. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t satu pihak dimana Ho ditolak jika nilai thitung ttabel. Nilai thitung yang dihasilkan yaitu 3 354 sedangkan nilai ttabel dengan taraf signifikansi 5% adalah 1 671. Karena nilai thitung ttabel (3 354 1 671) maka Ho ditolak dan H1 diterima artinya peningkatan prestasi belajar fisika (gain score ternormalisasi) kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Ini berarti pembelajaran fisika menggunakan peta konsep efektif untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas XI-IPA MAN 3 Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk memperluas wilayah sampel dan memperluas materi pembelajaran dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran yang lebih luas tentang efektivitas pembelajaran menggunakan peta konsep untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |