Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang / Mohammad Arif Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang / Mohammad Arif Fauzi

Fauzi, Mohammad Arif (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Malang / Mohammad Arif Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauzi Mohammad Arif. Penerapan Pembelajran Kooperatif Model Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sirwadji (II) Drs. Yudyanto M.Si. Kata kunci Group Investigation (GI) Motivasi Hasil Belajar. Observasi awal yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa pembelajaran Fisika di kelas VII-G SMP Negeri 2 Malang terdapat beberapa masalah antara lain (1) proses pembelajaran yang selama ini dilakukan masih berkutat pada pembelajaran konvensional yaitu ceramah (2) motivasi belajar siswa terhadap pelajaran fisika rendah hal ini dapat diketahui ketika guru menjelaskan materi ada kurang lebih 70% siswa yang kurang memperhatikan penjelasan dari guru ada beberapa siswa yang melamun dan ada beberapa siswa yang melakukan aktifitas sendiri yang tidak ada kaitannya dengan pelajaran (3) hasil belajar fisika siswa kelas VII-G belum bisa memenuhi standar ketuntasan minimal (SKM) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 65 nilai rata-rata ulangan harian siswa kelas VII-G tergolong rendah yaitu 56 14. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkan model pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif selama proses pembelajaran dan saling membantu untuk memperoleh pemahaman. Model pembelajaran tersebut adalah Group Investigation (GI) yang diindikasikan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan kondisi tersebut maka dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk (1) mengetahui sejauhmana keterlaksanaan penerapan pembelajaran kooperatif model GI (Group Investigation) (2) mengetahui berapa peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII-G matapelajaran Fisika menggunakan pembelajaran kooperatif model GI (Group Investigation) (3) mengetahui berapa peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII-G matapelajaran Fisika setelah menggunakan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Peneliti sebagai pengelola instrumen perancang tindakan dan guru. Dalam penelitian ini prosedur pengumpulan data diperoleh melalui observasi motivasi siswa dalam model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dan pemberian tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Tahap-tahap penelitiannya meliputi perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi yang pelaksanaannya disesuaikan dengan Group Investigation (GI). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) keterlaksanaan penerapan pembelajaran Fisika Model Group Investigation (GI) Fisika mengalami peningkatan dari 76 47% pada siklus I ke 90 19% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 13 72% peningkatan keterlaksanaan ini membuktikan pelaksanaan pembelajaran model GI perlu latihan dan pembiasaan diri baik dari guru maupun siswa (2) motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dengan rerata 76 92% menjadi 91 74 % pada siklus II terdapat peningkatan sebesar 14 82% (3) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 27 04% yang ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) sebaiknya ketika menerapkan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) guru lebih intensif dalam memberi bimbingan (2) berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya digunakan model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) untuk mengatasi masalah rendahnya motivasi dan hasil belajar (3) model pembelajaran kooperatif Model Group Investigation (GI) hendaknya dicobakan oleh peneliti lain pada materi dan sekolah yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18119

Actions (login required)

View Item View Item