Efektivitas implementasi modul IPA terpadu melalui pembelajaran model integrasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Tugu-Trenggalek / Rodiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas implementasi modul IPA terpadu melalui pembelajaran model integrasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Tugu-Trenggalek / Rodiah

Rodiah (2010) Efektivitas implementasi modul IPA terpadu melalui pembelajaran model integrasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Tugu-Trenggalek / Rodiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rodiah. 2010. Efektivitas Implementasi Modul IPA Terpadu Melalui Pembelajaran Model Integrasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 2 Tugu-Trenggalek. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Agus Sujudi M.Pd (2) Dra. Endang Purwaningsih M.Si Kata Kunci efektivitas modul IPA terpadu model integrasi prestasi belajar IPA merupakan mata pelajaran wajib bagi jenjang pendidikan SMP. Sebagian besar siswa pada jenjang SMP berada pada tahap transisi dari fase operasional kongkrit ke fase operasional formal maka diharapkan sudah mulai dilatih untuk mampu berpikir abstrak. Artinya pembelajaran IPA di SMP secara utuh mengajak peserta didik untuk mulai ke arah berpikir abstrak dengan mengenalkan IPA secara utuh dengan harapan muncul upaya penyelidikan-penyelidikan ilmiah. Penelitian ini bertujuan mengukur perbedaan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran menggunakan modul IPA terpadu melalui model integrasi dan mengukur efektivitas implementasi modul IPA terpadu tema Pengukuran kadar zat. Model pembelajaran mengintegrasikan materi pelajaran fisika dan kimia dalam satu tema yaitu Pengukuran Kadar Zat diharapkan siswa dapat mempelajarai fenomena dari sisi kimia dan fisika secara bersamaan. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian dipilih quasi eksperimental dengan rancangan penelitian control group pre-test-post-test design. Implementasi pembelajaran menggunakan modul IPA terpadu sebagai perlakuan dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tugu-Trenggalek semester II tahun ajaran 2009/2010. Sampel penelitian ditentukan berdasarkan purposive cluster sampling yaitu kelas VII-B sebagai kelas kontrol dan kelas VII-C sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda dengan empat alternatif pilihan sebelum digunakan instrumen diujicobakan pada siswa kelas VII-D SMP Laboratrium UM. Hasil uji coba soal dianalisis validitas reliabilitas daya beda dan derajat kesukaran. Nilai hasil pretes diuji prasyarat yaitu homogenitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan Analisis Variansi dua jalur (ANAVA AB) yang kemudian dilanjutkan dengan scheefe-test. Berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung 5 170 3 986 F(1 .05) nilai rerata postes kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol ditunjukkan dengan nilai t hitung 11 205 1 976 t(76 .05). Hasil analisis menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang menggunakan modul IPA terpadu dan siswa yang menggunakan buku teks IPA. Berdasarkan scheffe-test thitung untuk kelompok tinggi 3 560 2 039 t(31 .05) dan thitung untuk kelompok rendah 2 640 2 108 t(43 .05). Jadi modul IPA terpadu efektif untuk diterapkan pada siswa kelompok tinggi maupun rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18118

Actions (login required)

View Item View Item