Penerapan STAD dalam upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa SMP Negeri 8 Malang tahun pelajaran 2008/2009 / Evi Setiyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan STAD dalam upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa SMP Negeri 8 Malang tahun pelajaran 2008/2009 / Evi Setiyaningsih

Setiyaningsih, Evi (2010) Penerapan STAD dalam upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa SMP Negeri 8 Malang tahun pelajaran 2008/2009 / Evi Setiyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiyaningsih Evi. 2009. Penerapan STAD Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMP Negeri 8 Malang Tahun Pelajaran 2008/2009. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarjono dan (II) Drs. Purbo Suwasono M.Si. Kata kunci STAD Penguasaan Konsep Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 8 Malang saat diadakan ulangan harian di kelas VIII E sebesar 60% siswa mempunyai nilai ulangan kurang dari 75. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa penguasaan konsep fisika siswa masih rendah. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran fisika perlu diterapkan suatu pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyampaikan berbagai konsep materi pelajaran sehingga dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa. Pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika adalah STAD. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkahlangkah STAD yang dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa dan mengetahui ketercapaian penguasaan konsep fisika siswa setelah diterapkan pembelajaran STAD minimal sebesar 85%. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Malang dilaksanakan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 1 kali pertemuan. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I ke siklus II menunjukkaan adanya peningkatan ketuntasan belajar kelas setelah diberi tindakan siklus I yaitu sebesar 68 18% dan setelah diberi tindakan siklus II meningkat menjadi sebesar 86.36%. Langkah inti dalam pembelajaran STAD yang dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa adalah tahap penyajian kelas diskusi kelompok kuis skor kemajuan dan penghargaan. (a) Penyajian kelas guru memberikan motivasi untuk menggali pengetahuan awal siswa dan melakukan demontrasi membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang heterogen (b) Diskusi kelompok membagi LKK kepada setiap kelompok siswa mengerjakan LKK secara kelompok dan siswa melakukan kegiatan mengajukan masalah atau soal beserta penyelesaiannya. Kemudian hasil kerja siswa dipresentasikan didepan kelas sehingga terjadi diskusi kelas (c) Kuis siswa megerjakan kuis secara individu (d) Skor kemajuan individu dari hasil tes yang diperoleh guru menghitung skor kemajuan siswa (e) Penghargaan guru memberikan penghargaan bagi kelompok yang mendapat skor paling tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I ke siklus II membuktikan bahwa STAD dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa. Oleh sebab itu disarankan bagi guru bidang studi untuk menerapkan STAD sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18114

Actions (login required)

View Item View Item