Keefektifan bibliokonseling dalam menumbuhkan kesadaran akan kepedulian bagi siswa SMP / Asri Octaviana Dwi Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan bibliokonseling dalam menumbuhkan kesadaran akan kepedulian bagi siswa SMP / Asri Octaviana Dwi Rahayu

Rahayu, Asri Octaviana Dwi (2011) Keefektifan bibliokonseling dalam menumbuhkan kesadaran akan kepedulian bagi siswa SMP / Asri Octaviana Dwi Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keefektifan bibliokonseling kesadaran akan kepedulian Tugas konselor selain memperhatikan perkembangan kemampuan akademis siswa juga harus mengembangkan sosio-emosional siswa yang terangkum dalam pendidikan karakter. Salah satu karakter yang harus dikembangkan dalam diri siswa adalah peduli. Cara agar siswa berperilaku peduli adalah dengan menumbuhkan kesadarannya. Salah satu teknik bimbingan yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran akan kepedulian bagi siswa SMP yaitu melalui Teknik Bibliokonseling . Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa SMP diketahui bahwa siswa-siswa memiliki kesadaran akan kepedulian rendah/sedang dengan ditunjukkan banyaknya fenomena yang terjadi seperti bolos sekolah penindasan terhadap junior tidak memperhatikan guru dan masih banyak yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan bibliokonseling dalam menumbuhkan kesadaran akan kepedulian bagi siswa SMP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan one group pretest posttest design dimana alat ukur yang digunakan sebelum dan setelah perlakuan adalah sama. Penelitian jenis ini bertujuan untuk memperbaiki kesadaran akan kepedulian siswa dan melihat ada tidaknya perbedaan sebelum dan setelah pemberian perlakuan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP yang memiliki kesadaran akan kepedulian rendah dan sedang yaitu sebanyak 12 orang siswa. Instrumen penelitian berupa skala kesadaran akan kepedulian yang dilengkapi dengan validitas dan reliabilitas instrument dengan hasil validitas 1 item tidak valid dan memiliki reliabilitas skala yang tinggi. Bibliokonseling ini menggunakan media cerpen dalam treatmentnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon. Hasil perhitungan data penelitian menggunakan uji wilcoxon dan dapat disimpulkan bahwa bibliokonseling efektif dalam menumbuhkan kesadaran akan kepedulian bagi siswa SMP dilihat dari Zhitung 707 Ztabel atau - Zhitung - Ztabel sebesar - 3.064 - 1.96. Kesimpulan penelitian ini adalah bibliokonseling efektif dalam menumbuhkan kesadaran akan kepedulian bagi siswa SMP. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi konselor untuk menggunakan media ini dalam kegiatan bimbingan untuk menjalankan pendidikan karakter salah satunya menumbuhkan kesadaran akan kepedulian. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya lebih memperbanyak jenis media yang diberikan sebagai treatment agar peningkatan kesadaran akan kepedulian siswa lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1811

Actions (login required)

View Item View Item