Ayuningtyas, Putri (2010) Analisis pembelajaran fisika pada materi pokok besaran, satuan, dan pengukuran di kelas X SMA Negeri 2 Malang tahun pelajaran 2009/2010 / Putri Ayuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ayuningtyas Putri. 2010. Analisis Pembelajaran Fisika pada Materi Pokok Besaran Satuan dan Pengukuran di Kelas X SMA Negeri 2 Malang Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutopo M.Si (II) Dra. Endang Purwaningsih M.Si Kata kunci analisis pembelajaran fisika besaran satuan dan pengukuran Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran fisika pada materi pokok Besaran Satuan dan Pengukuran di kelas X SMAN 2 Malang tahun pelajaran 2009/2010. (2) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran fisika pada materi pokok materi Besaran Satuan dan Pengukuran di kelas X SMAN 2 Malang tahun pelajaran 2009/2010. (3) menemukan good practices dari proses pembelajaran fisika pada materi pokok Besaran Satuan dan Pengukuran di kelas X SMAN 2 Malang tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Proses pembelajaran materi pengukuran panjang massa dan waktu menggunakan metode ceramah praktik diskusi kelompok dan diskusi kelas. Proses pembelajaran materi vektor menggunakan metode ceramah dikombinasikan dengan tanya-jawab dan berlatih soal. (2) Efektivitas pembelajaran berdasarkan proses pembelajaran secara umum sebagai berikut. Hampir seluruh siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik pada pembelajaran pertama (materi pengukuran panjang massa dan waktu) tetapi tidak pada pembelajaran kedua (materi vektor satuan dan penjumlahan vektor) dan pembelajaran ketiga (materi perkalian vektor). (3) Efektifitas pembelajaran berdasarkan hasil tes kognitif. Pada materi Besaran Satuan dan Pengukuran diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 63 17 dan ketuntasan belajar hanya mencapai 7 34% atau hanya ada 3 siswa dari 41 siswa yang tuntas belajar. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada materi Besaran Satuan dan Pengukuran secara klasikal siswa belum tuntas belajar karena siswa yang memperoleh nilai 8805 75 hanya sebesar 7 34%. (4) Good practices yang diperoleh dari proses pembelajaran fisika materi Besaran Satuan dan Pengukuran meliputi pengelompokan siswa pengorganisasian kelompok ketersiapan alat praktik pemberian pertanyaan dan pernyataan antusiasme guru dan siswa pemberian soal penyelesaian soal media pembelajaran pemberian motivasi pemberian tugas dan penarikan kesimpulan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18109 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |