Penerapan pembelajaran inquiry training model (model latihan inkuiri) untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep fisika siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Pamekasan / Tria Pravitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran inquiry training model (model latihan inkuiri) untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep fisika siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Pamekasan / Tria Pravitasari

Pravitasari, Tria (2010) Penerapan pembelajaran inquiry training model (model latihan inkuiri) untuk meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep fisika siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Pamekasan / Tria Pravitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pravitasari Tria. 2009. Penerapan Pembelajaran Inquiry Training Model (Model Latihan Inkuiri) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Pamekasan. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Bambang Tahan Sungkowo M.Pd (II) Sulur S.Pd. M.Si. Kata kunci Model latihan inkuiri keterampilan proses pemahaman konsep fisika Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 2 Pamekasan ditemukan bahwa keterampilan proses pada siswa belum tampak dan nilai rata-rata pemahaman konsep ditinjau dari nilai tes siswa adalah 58 69. Dari hasil nilai tes siswa diperoleh data siswa yang sudah mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70 sebanyak 27 5% dari jumlah seluruh siswa kelas VII C dan 72 5% lainnya belum mencapai KKM. Nilai tersebut diperoleh dari hasil tes pada materi besaran dan satuan. Hal ini disebabkan guru masih menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti berupaya untuk menerapkan suatu model pembelajaran baru dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan proses dan pemahaman konsep fisika siswa. Salah satu model tersebut adalah inquiry training model (model latihan inkuiri). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Pamekasan dengan jumlah 40 siswa yang terdiri dari 22 orang putri dan 18 orang putra. Instrumen penelitian yang digunakan berupa RPP lembar observasi pembelajaran rubrik penilaian keterampilan proses siswa perangkat tes LKS dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan proses siswa meningkat. Peningkatan keterampilan proses tersebut dari siklus I ke siklus II adalah 7 5% untuk keterampilan melakukan pengamatan 10% untuk keterampilan menjelaskan hasil praktikum 20% untuk keterampilan bertanya 15% untuk keterampilan menggunakan alat praktikum 20% untuk keterampilan melakukan praktikum 14 17% untuk keterampilan mengumpulkan hasil praktikum 36 67% untuk keterampilan menyusun hipotesis dan untuk keterampilan menarik kesimpulan 22 5%. Pemahaman konsep fisika siswa juga menunjukkan peningkatan nilai rata-rata pada siklus I 60 22 menjadi 72 75. Peningkatan nilai rata-rata pada setiap siklusnya yang berdampak positif terhadap ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18106

Actions (login required)

View Item View Item