Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams-Tournament) terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Durenan Trenggalek / Resti Ratnaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams-Tournament) terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Durenan Trenggalek / Resti Ratnaningtyas

Ratnaningtyas, Resti (2010) Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams-Tournament) terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Durenan Trenggalek / Resti Ratnaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratnaningtyas Resti. 2009. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Model TGT (Teams Games-Tournament) terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Durenan Trenggalek. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Haryoto M.Pd (II) Drs. Asim M.Pd. Kata kunci Pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) motivasi belajar prestasi belajar. Berdasarkan observasi langsung yang dilaksanakan di SMAN 1 Durenan menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran hanya sebagian siswa yang berkompetisi dan akhirnya mendominasi kelas. Hal tersebut ditengarai pola pembelajaran yang masih kurang bervariasi sehingga terdapat perbedaan nilai yang mencolok dalam kelas. Mengingat hal tersebut maka diusulkan penggunaan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) sebagai salah satu bentuk pembelajaran kooperatif yang bernaung dalam pembelajaran konstruktivistik yang menuntut siswa berperan aktif dalam pembelajaran dimana model pembelajaran ini belum pernah diterapkan di SMAN 1 Durenan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif model TGT dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan motivasi belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan menggunakan teknik purposive sampling dimana sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes prestasi dan angket motivasi belajar fisika siswa yang diberikan saat pra-tes dan pasca-tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t untuk data prestasi belajar dengan bantuan komputer program SPSS 15.0 for Windows serta skor rata-rata dengan skala Likert dan Guttman untuk data motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pasca-tes prestasi belajar fisika kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Dari analisis data diketahui peningkatan nilai rata-rata pasca-tes prestasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 17 72 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 11 34. Sedangkan dari data motivasi diperoleh peningkatan skor rata-rata motivasi kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yakni untuk kelas eksperimen pada skala Likert dari 3 37 (kategori baik) menjadi 3 65 (kategori sangat baik) dan pada skala Guttman dari 1 80 (kategori cukup baik) menjadi 2 01 (kategori baik). Sedangkan untuk kelas kontrol pada skala Likert dari 3 33 (kategori baik) menjadi 3 50 (kategori baik) dan pada skala Guttman dari 1 78 (kategori cukup baik) menjadi 1 97 (kategori baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model TGT mempunyai pengaruh yang lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika siswa. Dari hasil penelitian dapat dikemukakan saran penggunaan model TGT untuk materi yang lain sebagai alternatif dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18105

Actions (login required)

View Item View Item