Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (dua tinggal dua tamu) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 19 Malang / Uswatun Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (dua tinggal dua tamu) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 19 Malang / Uswatun Khasanah

Khasanah, Uswatun (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (dua tinggal dua tamu) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII semester I SMP Negeri 19 Malang / Uswatun Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khasanah Uswatun. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu )Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 10 Malang. Skripsi. Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Asim (II) Drs. Dwi Haryoto M.Pd. Kata kunci model pembelajaran Two Stay Two Stray aktivitas hasil belajar Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 10 Malang diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas VIII-E masih relatif rendah. Hal ini dapat dilihat dari Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) klasikal pada data awal kelas VIII-E untuk mata pelajaran Fisika sebesar 52 32%. Hasil belajar yang masih rendah ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan masih menggunakan metode ceramah (metode konvensional). Metode-metode ini membentuk siswa menjadi pasif dan kurang kreatif sehingga perlu adanya model pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi aktif. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk lebih dapat mengaktifkan siswa salah satunya adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan-tindakan tersebut berupa metode pembelajaran Two Stay Two Stray yang terdiri dari lima tahapan yaitu persiapan presentasi guru kegiatan kelompok presentasi kelompok evaluasi dan penghargaan. PTK ini terdiri dari 2 siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-E SMP Negeri 10 Malang dan pokok bahasan tekanan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana aktivitas guru dalam penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar 2) mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray dalam meningkatkan aktivitas 3) mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray dalam meningkatkan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan 1) aktivitas guru dari siklus I ke siklus II dimana pada siklus I guru masih sulit mengendalikan kelas karena siswa belum pernah menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray namun pada siklus II guru sudah dapat mengendalikan kelas karena siswa sudah terbiasa dengan model Two Stay Two Stray 2) Aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus II tingkat K sebesar 6 5% tingkat C sebesar 59% dan tingkat B sebesar 34 5% dan 3) Hasil belajar siswa yang diukur dengan sekor rata-rata dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal dari data awal siklus I dan siklus II. Sekor rata-rata diperoleh hasil (52.32 63.58 dan 71.25) dan ketuntasan belajar klasikal diperoleh hasil (17 5% 58 97% dan 80%). Pada akhir siklus II masih terdapat siswa yang belum tuntas dalam belajar ( 63) sehingga guru harus lebih merata lagi dalam mengelola kelas supaya seluruh siswa memperoleh perhatian yang sama dan akhirnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18102

Actions (login required)

View Item View Item