Pengembangan media audio pembelajaran bahasa Indonesia kelas II semester 2 pada materi pokok dongeng di SD Negeri Bareng 3 Malang / Lilik Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media audio pembelajaran bahasa Indonesia kelas II semester 2 pada materi pokok dongeng di SD Negeri Bareng 3 Malang / Lilik Andriani

Andriani, Lilik (2011) Pengembangan media audio pembelajaran bahasa Indonesia kelas II semester 2 pada materi pokok dongeng di SD Negeri Bareng 3 Malang / Lilik Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Media Audio Bahasa Indonesia Dongeng. Salah satu materi pokok bahasa Indonesia kelas II semester 2 adalah dongeng. Kegiatan mendengarkan dongeng menjadi membosankan ketika guru hanya menyampaikan dongeng dengan membacakan isi dongeng di depan kelas. Maka dengan menggunakan media audio dapat menjadi alternatif pemecahan masalah di atas. Kegiatan pembelajaran di SD Negeri Bareng 3 Malang terutama media audio tidak pernah digunakan dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia karena belum tersedianya media tersebut. Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah tersebut sering menggunakan metode ceramah terutama pada materi pokok dongeng sehingga beberapa siswa merasa bosan mengantuk dan kurang memusatkan perhatian dalam mendengarkan dongeng yang dibacakan guru didepan kelas. Disamping itu guru sering menggunakan media papan tulis dan Lembar Kerja Siswa (LKS) saja dalam proses pembelajaran. Maka pengembang akan berupaya melakukan pengembangan media audio pembelajaran bahasa Indonesia kelas II pada semester 2 pada materi pokok dongeng di SD Negeri Bareng 3 Malang sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa membantu guru menyampaikan materi pokok dongeng dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan suatu produk berupa media audio pembelajaran bahasa Indonesia kelas II semester 2 pada materi pokok dongeng di SD Negeri Bareng 3 Malang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan dapat membantu guru menyampaikan materi pokok dongeng dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Metode pengembangan yang digunakan adalah Model Sadiman dengan prosedur pengembangan yang terdiri dari (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat-alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (produksi) (6) tes/uji coba (7) revisi. Pengembangan media audio ini di uji cobakan kepada siswa kelas II dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri Bareng 3 Malang pada materi pokok dongeng. Jenis data yang digunakan dalam pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam Pengembangan ini menggunakan beberapa instrumen antara lain angket (ahli media ahli materi siswa) dan tes (Pre Test dan Post Test). Teknik analisis data yang dgunakan antara lain tanggapan ahli media materi dan siswa dengan menggunakan kriteria keberhasilan media audio dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Pre Test dan Post Test untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media audio. Hasil pengembangan media audio pembelajaran bahasa Indonesia kelas II semester 2 pada materi pokok dongeng telah diuji cobakan kepada ahli media iiahli materi dan siswa. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh hasil sebesar 85 8% ahli materi diperoleh hasil sebesar 95 8% siswa dalam uji coba perseorangan diperoleh hasil sebesar 92 5% siswa dalam uji coba kelompok kecil diperoleh hasil sebesar 96 2% siswa dalam uji coba lapangan (klasikal) diperoleh hasil sebesar 98 1% sehingga dapat diinterpretasikan bahwa media audio yang dikembangkan termasuk dalam kriteria Valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia kelas II semester 2 pada materi pokok dongeng di SD Negeri Bareng 3 Malang. Hasil tes belajar baik pre test maupun post test yang diberikan kepada siswa kelas II di SD Negeri Bareng 3 Malang pembelajaran dengan menggunakan media audio ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media audio persentase peningkatan hasil belajar pada uji coba perseorangan sebesar 47 3% uji coba kelompok kecil sebesar 23% dan uji coba lapangan sebesar 23 6% sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa setelah menggunakan media audio lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan media audio maka dari hasil belajar siswa dapat diinterpretasikan bahwa media audio dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan dapat membantu guru menyampaikan materi pokok dongeng dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil pengembangan tersebut maka dapdapat direkomendasikan bahwa media audio pembelajaran bahasa Indonesia kelas II semester 2 pada materi pokok dongeng dapat digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan membantu guru dalam menyampaikan materi dongeng sesuai tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item