Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa kelas VII SMP Ardjuna Malang / Lismi Rodiya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa kelas VII SMP Ardjuna Malang / Lismi Rodiya

Rodiya, Lismi (2010) Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa kelas VII SMP Ardjuna Malang / Lismi Rodiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lismi Rodiya. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Kelas VII SMP Ardjuna Malang. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muharjito M.S (2) Drs. Sirwadji. Kata Kunci Pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Asissted Individualization) hasil belajar motivasi belajar. Permasalahan yang ada di kelas VII SMP Ardjuna Malang khususnya di kelas VIIB adalah kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran fisika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe TAI. dalam pembelajaran kooperatif tipe TAI ada 7 tahap yaitu (1) teams (2) placement test (3) team study (4) teaching group (5) whole-class units (6) fact test (7) team scorer and team recognition. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Ardjuna Malang dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II. Motivasi siswa diukur dengan menggunakan angket. Angket diberikan kepada siswa sebelum penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dan setelah penerapan pembelajaran Kooperatif tipe TAI selesai dilaksanakan di akhir siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi gerak dan kalor dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada tes awal dengan tes akhir siklus I sebesar 4 2 tes akhir siklus I dengan tes akhir siklus II sebesar 9 2. Dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan siswa mencapai 80% berarti siswa telah tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 94.29 %. Peningkatan motivasi siswa terlihat dari hasil angket pada observasi awal 3 siswa masuk dalam kategori kurang 9 siswa dalam kategori cukup 21 siswa dalam kategori baik dan 2 siswa masuk dalam kategori sangat baik. Pada akhir pembelajaran siklus II menunjukkan hasil 1 siswa dalam kategori kurang 4 siswa dalam kategori cukup 15 siswa dalam kategori baik dan 15 siswa dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa sehingga model pembelajaran kooperatif ini dapat dipertimbangkan sebagai alternatif untuk diterapkan pada pembelajaran Fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18098

Actions (login required)

View Item View Item