Rohmawati, Reni (2010) Penerapan pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan aspek kognitif dan psikomotorik siswa kelas VII F SMPN 3 Singosari tahun ajaran 2008/2009 / Reni Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rohmawati Reni. 2009. Penerapan Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Aspek Kognitif dan Psikomotorik Siswa kelas VII F SMPN 3 Singosari. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika. Jurusan Fisika FMIPA UM. Pembimbing (1) Drs. Asim M.Pd (2) Drs. Sirwadji Kata Kunci aspek kognitif aspek psikomotorik model inkuiri Berdasarkan hasil observasi di kelas VII F SMP Negeri 03 Singosari ditemukan bahwa pada saat pembelajaran guru menjelaskan materi dan siswa mencatat keterangan yang ditulis guru di papan tulis kemudian dilanjutkan dengan pemberian latihan soal tugas dan pekerjaan rumah. Berdasarkan hasil wawancara guru bidang studi fisika diperoleh informasi bahwa aspek kognitif dan aspek psikomotorik siswa terhadap pelajaran fisika masih rendah karena nilai mereka belum mencapai SKM. Dari uraian tersebut maka perlu diadakan perbaikan cara belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran model inkuiri dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Melalui penerapan pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan Aspek kognitif dan Aspek psikomotorik siswa kelas VII F SMP Negeri 03 Singosari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pembelajaran model inkuiri terbimbing pada materi kalor yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 2 pertemuan selama 2 jam pelajaran untuk tiap pertemuan. Subyek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas VII F SMP Negeri 03 Singosari semester genap tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 34 siswa. Data yang diperoleh berupa hasil belajar siswa yang meliputi 2 aspek yaitu kognitif dan psikomotorik serta data pendukung berupa catatan lapangan. Aspek kognitif di ukur dari peningkatan skor tes setiap siklus aspek psikomotorik diperoleh dari peningkatan skor hasil observasi dari pertemuan 1 ke pertemuan 2. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan skor hasil belajar siswa pada siklus I ke siklus II. Peningkatan aspek kognitif antara siklus I dengan siklus II adalah 73 28 menjadi 85 29 dengan kriteria baik menjadi sangat baik. Peningkatan aspek psikomotorik antara pertemuan I dengan pertemuan II adalah 72 22% menjadi 83 98% dengan kriteria baik menjadi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran model inkuiri dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aspek kognitif dan psikomotorik siswa kelas VII F SMP Negeri 03 Singosari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18093 |
Actions (login required)
View Item |