Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pestisida untuk siswa SMP Negeri 12 Malang / Aniqa Nurmufida Ilma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pestisida untuk siswa SMP Negeri 12 Malang / Aniqa Nurmufida Ilma

Ilma, Aniqa Nurmufida (2010) Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pestisida untuk siswa SMP Negeri 12 Malang / Aniqa Nurmufida Ilma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ilma Aniqa NurMufida. 2009. Pengembangan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Pestisida untuk Siswa SMPN 12 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soepriyono Koes H M.Pd M.A (II) Drs. Parlan M.Si. Kata kunci paket IPA Terpadu Konstruktivisme Tema Pestisida Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 secara tegas menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA di SMP/MTs merupakan IPA terpadu. Berdasarkan observasi pembelajaran IPA di SMP Negeri 12 Malang belum dilaksanakan secara terpadu. IPA measih dibelajarkan secara terpisah-pisah antara mata pelajaran fisika kimia dan biologi. Oleh sebab itu diperlukan paket IPA terpadu untuk membantu pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu. Pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema pestisida untuk siswa kelas VII SMPN 12 Malang dan panduan pelaksanaan bagi guru. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini mengikuti langkah-langkah penelitian pengembangan Borg dan Gall dalam Koes H. (2008) yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan bentuk awal produk (4) penilaian produk dan (5) revisi produk. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner kelayakan paket IPA terpadu tema pestisida dan panduan pelaksanaan untuk guru yang diisi oleh tim penilai. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari analisis nilai rata-rata kuesioner skala Likert sedangkan data kualitatif berupa tanggapan saran dan kritik dari tim penilai. Paket IPA terpadu yang dikembangkan didasarkan pada prinsip konstruktivisme dengan tema pestisida. Paket IPA terpadu tema pestisida menyajikan materi fisika kimia dan biologi secara terpadu. Tema pestisida meliputi beberapa kompetensi dasar (KD) yaitu KD 3.1(kelas 7) Menyelidiki sifat sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari hari KD 4.1(kelas 7) Membandingkan sifat fisika dan sifat kima zat KD 4.1 (kelas 8) Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari hari KD 7.1(kelas 7) Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem KD 7.4(kelas 7) Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Berdasarkan hasil analisis nilai rata-rata kuesioner paket IPA terpadu sebesar 3 44 dan panduan pelaksanaan guru sebesar 3 39 yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA terpadu kelas VII. Berdasarkan hasil pengembangan disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap paket IPA terpadu dan panduan pelaksanaannya dalam lingkup yang lebih luas agar diketahui kelayakan tingkat efektifitas dan efisiensinya terhadap pembelajaran IPA terpadu. Pengembangan paket IPA terpadu dan panduannya dapat dilakukan dengan tema yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18092

Actions (login required)

View Item View Item