Penerapan model pembelajaran berdasarkan permasalahan (problem based instruction/PBI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA 2 SMA Laboratorium UM / Dede Astayadi

Astayadi, Dede (2010) Penerapan model pembelajaran berdasarkan permasalahan (problem based instruction/PBI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA 2 SMA Laboratorium UM / Dede Astayadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ceramah dan latihan soal merupakan metode yang digunakan di kelas XI IPA-2 SMA Laboratorium UM. Metode pembelajaran yang digunakan guru ini tidak membantu peningkatan kemampuan berpikir kreatif serta prestasi belajar fisika siswa. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pemahaman konsep fisika siswa, sehingga kemampuan berpikir siswa tidak berkembang dan prestasi belajar siswa menjadi rendah. Prestasi belajar yang rendah ini diindikasikan oleh nilai rata-rata kelas masih berkisar pada SKM yaitu rata-rata enam dan masih terdapat beberapa siswa yang harus remidi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif serta prestasi belajar siswa. Ketercapaian tujuan tersebut dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran berdasarkan permasalahan (problem based instruction/PBI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus penelitian dilakukan selama dua kali dengan disertai perbaikan setiap siklusnya. Tahapan yang digunakan dalam penelitian adalah perencanaan, pemberian tindakan kelas, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-2 SMA Laboratorium UM yang terdiri dari 24 siswa dengan rincian 8 orang putra dan 16 orang putri. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah Tekanan Hidrostatis dan Hukum Archimedes. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi pedoman observasi kemampuan berpikir kreatif siswa, pedoman studi pendahuluan, catatan lapangan, soal pretes dan soal postes. Instrumen pembelajaran yang digunakan meliputi LKS dan RPP berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) . Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat dari perolehan nilai gain score siswa sebesar <g> = 0,68 untuk siklus I dan <g> = 0,74 untuk siklus II. Dari data perolehan persentase kemampuan berpikir kreatif yang ada dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diobservasi dan dinilai pada siklus I dan siklus II. Secara keseluruhan, kemampuan berpikir kreatif siswa juga mengalami peningkatan dari 59,33% pada siklus I menjadi 84,11 % pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdasarkan permasalahan (problem based instruction/PBI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan prestasi belajar siswa telah berhasil dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18090

Actions (login required)

View Item View Item