Implementasi model siklus belajar dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan prestasi belajar fisika dan kinerja ilmiah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Malang tahun pelajaran 2008/2009 / Nunik Purwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model siklus belajar dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan prestasi belajar fisika dan kinerja ilmiah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Malang tahun pelajaran 2008/2009 / Nunik Purwanti

Purwanti, Nunik (2010) Implementasi model siklus belajar dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan prestasi belajar fisika dan kinerja ilmiah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Malang tahun pelajaran 2008/2009 / Nunik Purwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwanti Nunik. 2009. Implementasi Model Siklus Belajar dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika dan Kinerja Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 7 MALANG Tahun Pelajaran 2008/2009 . Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Agus Suyudi M.Pd (2) Drs. Asim M.Pd. Kata kunci model siklus belajar prestasi belajar fisika kinerja ilmiah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 7 Malang diketahui siswa kurang antusias saat guru menjelaskan materi pelajaran. Nilai ulangan harian yang diperoleh siswa masih rendah di bawah SKM yaitu 42 dan siswa kurang aktif bertanya saat proses pembelajaran. Guru lebih sering menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional yang menekankan penggunaan buku paket. Sekali-sekali ada selingan kegiatan diskusi kelas dan tanya jawab kegiatan praktikum juga jarang dilakukan dan siswa cenderung pasif. Disepakati oleh guru dan peneliti untuk menggunakan pembelajaran model siklus belajar untuk dapat meningkatkan prestasi dan kinerja ilmiah siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan memberikan tindakan berupa model siklus belajar. Tindakan yang diberikan pada penelitian ini berupa penerapan model siklus belajar yang terdiri 4 fase yaitu eksplorasi eksplanasi ekspansi dan evaluasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP NEGERI 7 MALANG 2008/2009. Jumlah siswa yang terdiri dari 44 siswa dengan 24 siswa putra dan 21 siswa putri. Pokok bahasan yang dibahas adalah cahaya dengan sub pokok bahasan cahaya merambat lurus pemantulan cahaya pembentukan bayangan dan jumlah bayangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa skenario pembelajaran lembar observasi wawancara instrumen prestasi belajar lembar observasi kinerja ilmiah lembar keterlaksanaan model siklus belajar dan catatan lapangan. Instrumen tindakan yang digunakan meliputi LKS RPP dan soal evaluasi. Analisi data pada penelitian ini menggunakan reduksi data paparan data penarikan simpulan triangulasi refleksi dan deskripsi hasil temuan. Penerapan model siklus belajar dalam pembelajaran fisika dengan persentase keterlaksanaan semakin meningkat selama siklus I dan siklus II. Prestasi belajar dan kinerja ilmiah selama penerapan model siklus belajar meningkat pada siklus I dan siklus II. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18088

Actions (login required)

View Item View Item