Pengembangan paket IPA terpadu dengan tema energi di SMP Negeri 5 Malang / Dedy Yulianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket IPA terpadu dengan tema energi di SMP Negeri 5 Malang / Dedy Yulianto

Yulianto, Dedy (2010) Pengembangan paket IPA terpadu dengan tema energi di SMP Negeri 5 Malang / Dedy Yulianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulianto Dedy. 2009. Pengembangan Paket IPA Terpadu dengan Tema Energi di SMP Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang (1) Drs. Eddy Supramono (II) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd. Kata Kunci Paket IPA Terpadu energi Penelitian evaluatif terhadap pendidikan IPA di SMP yang dilaksanakan di lima propinsi di Indonesia pada tahun 1996 menunjukkan bahwa pendidikan IPA di SMP masih mengalami berbagai masalah karena kecenderungan pembelajaran IPA di SMP pada masa kini tidak menekankan pada pemberian pengalaman langsung kepada peserta didik untuk mengembangkan kompetensinya dalam menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan oleh proyek MBE menunjukkan bahwa sebagian besar guru (92 dari 118 orang atau 79%) mengalami kesulitan untuk merancang pembelajaran IPA Terpadu berdasarkan standar isi untuk kurikulum IPA seperti pada SMP Negeri 5 Malang. Selain itu hasil pengamatan di beberapa toko buku di Kota Malang menunjukkan bahwa belum ditemukan buku IPA SMP yang dirancang secara terpadu. Penelitian ini betujuan mengetahui kelayakan pengembangan paket IPA Terpadu dengan tema energi di SMP Negeri 5 Malang dan kelayakan panduan guru paket IPA Terpadu di SMP Negeri 5 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Sasarannya adalah (1) tersusunnya paket IPA Terpadu dengan tema energi yang layak dan (2) tersusunnya panduan guru paket IPA Terpadu. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini ada 4 tahap yaitu (1) tahap analisis situasi awal (2) tahap pengembangan rancangan paket IPA Terpadu (3) tahap penulisan paket IPA Terpadu (4) tahap penilaian. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang diisi oleh validator. Jenis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari analisis nilai rata-rata angket skala Likert sedangkan data kualitatif berupa tanggapan saran dan kritik dari validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket IPA terpadu dengan tema energi di SMP Negeri 5 Malang sudah memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 3 72 sehingga paket IPA Terpadu dengan tema energi ini sudah dapat dikatakan layak digunakan oleh siswa SMP Negeri 5 Malang. Sedangkan panduan guru paket IPA Terpadu dengan tema energi di SMP Negeri 5 Malang juga sudah memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata 3 55 sehingga panduan guru paket IPA terpadu dengan tema energi sudah dapat dikatakan layak digunakan oleh guru SMP Negeri 5 Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa paket IPA terpadu dan panduan guru paket IPA Terpadu dengan tema energi sudah layak digunakan di SMP Negeri 5 Malang. Disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap paket IPA Terpadu dengan melakukan kajian eksperimen yang lebih luas dan uji coba yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18087

Actions (login required)

View Item View Item