Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar siswa kelas X-A MAN 3 Malang pada pokok bahasan gelombang elektromagnetik dan penerapan listrik AC dan DC / Ika Rahmania - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar siswa kelas X-A MAN 3 Malang pada pokok bahasan gelombang elektromagnetik dan penerapan listrik AC dan DC / Ika Rahmania

Rahmania, Ika (2010) Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar siswa kelas X-A MAN 3 Malang pada pokok bahasan gelombang elektromagnetik dan penerapan listrik AC dan DC / Ika Rahmania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmania Ika 2009. Penerapan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X-A MAN 3 Malang Pokok Bahasan Gelombang Elektromagnetik dan Penerapan Listrik AC dan DC. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Purbo Swasono M.Si (2) Drs. Dwi Haryoto M.Pd Kata kunci problem posing kemampuan komunikasi prestasi belajar Hasil wawancara menunjukkan bahwa pada umumnya proses pembelajaran fisika di kelas X-A MAN 3 Malang menggunakan metode ceramah diskusi demonstrasi dan LKS. Kemampuan komunikasi dari siswa masih rendah hal ini ditunjukkan oleh fakta bahwa masih banyak siswa yang kurang memperhatikan saat temannya sedang presentasi. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan 12 % siswa belum memperoleh nilai sesuai SKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu sebesar 7 5. Untuk memecahkan permasalahan tersebut diterapkan suatu pembelajaran berbasis konstruktivisme. Pembelajaran yang dipilih adalah pendekatan problem posing. Selain dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa model ini juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tahapan dalam problem posing melatih siswa untuk lebih berani menyampaikan pikiran dan perasaan melatih untuk bisa memahami dan memberi dukungan kepada orang lain dan melatih siswa untuk mampu mengungkapkan diri. Oleh karena itu diharapkan pendekatan problem posing dapat terlaksana denga baik dan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar siswa kelas X-A MAN 3 Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Tindakan yang diberikan pada penelitian ini adalah penerapan pendekatan problem posing. Untuk mengukur keterlaksanaan proses pembelajaran problem posing ini dilakukan dengan menggunakan rubrik penilaian keterlaksanaan proses. Untuk mengukur peningkatan kemampuan komuniksi siswa dilakukan dengan menggunakan rubrik penilaian komunikasi pada saat kegiatan diskusi. Untuk mengukur peningkatan prestasi belajar dilakukan melalui tes formatif pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan proses keterlaksanaan pembelajaran dari siklus I sebesar 80% menjadi 90% pada siklus II. Untuk kemampuan komunikasi siswa juga mengalami peningkatan yang pada siklus I sebesar 67 6% dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 75% dengan kriteria baik. Sementara untuk prestasi belajarpun mengalami peningkatan pada siklus I rata-ratanya sebesar 69 7 dan pada siklus II naik rata-ratanya menjadi 85 7. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pendekatan problem posing dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar siswa kelas X-A MAN 3 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18086

Actions (login required)

View Item View Item