Zustina (2010) Penerapan model pembelajaran pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) berbasis eksperimen utuk meningkatkan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI semester II di MAN 3 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Zustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zustina. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI Semester II Di MAN 3 Malang Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H.M. Wartono M.Pd (II) Drs. Sumarjono. Kata kunci PBMP kemampuan bertanya prestasi belajar fisika Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas XI semester II MAN 3 Malang diperoleh data metode yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah. Guru menyampaikan materi secara lisan dan terkadang memberikan cacatan sedangkan siswa hanya mendengarkan sambil mencatat. Metode ceramah yang diterapkan oleh guru dapat menghambat rasa keingintahuan siswa tentang materi-materi fisika. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk lebih dapat menumbuhkan rasa keingintahuan siswa adalah model pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP). Model pembelajaran PBMP memungkinkan siswa untuk bersedia mengajukan pertanyaan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) berbasis eksperimen sehingga dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas XI semester II di MAN 3 Malang tahun ajaran 2008/2009 (2) Mengetahui apakah kemampuan bertanya siswa kelas XI semester II di MAN 3 Malang tahun ajaran 2008/2009 dapat meningkat hingga mencapai kriteria baik (60% - 79%) setelah diterapankan model pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) berbasis eksperimen (3) Mengetahui Apakah prestasi belajar siswa kelas XI semester II di MAN 3 Malang tahun ajaran 2008/2009 dapat meningkat setelah diterapankan model pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) berbasis eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Kegiatan pembelajaran terdiri dari 2 siklus setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi wawancara dan tes. Penelitian dilaksanakan di kelas X1 IPA I MAN 3 Malang dengan jumlah siswa 36 orang. Hasil analisis pada siklus I dan siklus II menunjukkan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA I semester II MAN 3 Malang mengalami peningkatan. Kemampuan bertanya siswa mengalami peningkatan yaitu dari 23 61477 pada siklus I menjadi 62 61477 pada siklus II. Sedangkan peningkatan prestasi belajar fisika siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil tes siswa yaitu dari 73 97 pada siklus I menjadi 83 09 pada siklus II. Peningkatan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika siswa diatas dipengaruhi oleh peningkatan keterlaksanaan pembelajaran yaitu dari 73 81% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18085 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |