Pengembangan video model pembelajaran latihan inkuiri (inquiry training model) sebagai sumber belajar untuk guru IPA/fisika SMP / Septy Wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video model pembelajaran latihan inkuiri (inquiry training model) sebagai sumber belajar untuk guru IPA/fisika SMP / Septy Wulansari

Wulansari, Septy (2009) Pengembangan video model pembelajaran latihan inkuiri (inquiry training model) sebagai sumber belajar untuk guru IPA/fisika SMP / Septy Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK WulanSari Septy. 2009. Pengembangan Video Model Pembelajaran Latihan Inkuiri (Inquiry Training Model) sebagai Sumber Belajar untuk Guru IPA/Fisika SMP. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Yoyok Adisetio Laksono M.Si (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata kunci model pembelajaran latihan inkuiri sumber belajar video pembelajaran Video pembelajaran merupakan salah satu sumber belajar untuk guru. Dipilihnya video pembelajaran karena sumber belajar ini tidak mudah diperoleh di pasaran. Berdasarkan angket yang disebarkan dan hasil wawancara kepada 10 guru IPA/Fisika SMP di Kediri yag mengajar di negeri maupun swasta diperoleh data bahwa 80% guru belum menerapkan pembelajaran kontekstual masih menggunakan ceramah dengan alasan kurangnya sumber belajar. Selain itu juga ditemukan bahwa semua guru lebih memilih video sebagai sumber belajar karena melalui video guru dapat mempelajari langkah-langkah pembelajaran yang harus dilakukan. Tujuan pengembangan sumber belajar ini adalah untuk mengembangkan video model pembelajaran latihan inkuiri sebagai sumber belajar untuk guru IPA/Fisika SMP serta untuk menemukan kelebihan dan kekurangan video model pembelajaran latihan inkuiri sebagai sumber belajar untuk guru IPA/Fisika SMP. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan adalah penelitian dan pengumpulan data awal perencanaan pengembangan pengembangan draf produk penilaian revisi dan penyempurnaan produk. Produk yang dihasilkan adalah berupa video model pembelajaran latihan inkuiri. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitaif dan data kualitatif. Data kuantitatif merupakan hasil penilaian kelayakan dari evaluator sedangkan data kualitatif berdasarkan komentar dan saran dari evaluator. Instrumen pengumpulan data yang dipakai berupa angket. Hasil penilaian dari evaluator di dalam angket dianalisis dengan perhitungan nilai rata-rata Berdasarkan data hasil penilaian kelayakan yang diperoleh dari nilai ratarata sumber belajar video model pembelajaran latihan inkuiri sebesar 3 31 yang memenuhi kriteria layak sehingga dapat digunakan oleh guru sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18084

Actions (login required)

View Item View Item