Penerapan teknik pembelajaran Mò jù yóuxì untuk melatih penguasaan kosakata bahasa mandarin siswa kelas XI IBB SMAN 1 Turen/ Vania Josephine - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik pembelajaran Mò jù yóuxì untuk melatih penguasaan kosakata bahasa mandarin siswa kelas XI IBB SMAN 1 Turen/ Vania Josephine

Josephine, Vania (2021) Penerapan teknik pembelajaran Mò jù yóuxì untuk melatih penguasaan kosakata bahasa mandarin siswa kelas XI IBB SMAN 1 Turen/ Vania Josephine. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

[m j y ux ] merupakan teknik pembelajaran berupa permainan yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Teknik ini dapat digunakan untuk melatih siswa agar dapat berbicara secara spontan dengan cara menebak kegiatan apa yang diperagakan oleh temannya. Siswa yang memperagakan harus melakukan kegiatan tersebut tanpa suara atau dengan kata lain berpantomim. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan teknik pembelajaran [m j y ux ] untuk melatih penguasaan kosakata bahasa Mandarin siswa kelas XI IBB SMAN 1 Turen (2) mendeskripsikan respons siswa kelas XI IBB SMAN 1 Turen terhadap penerapan teknik pembelajaran [m j y ux ] untuk melatih penguasaan kosakata bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IBB SMAN 1 Turen dan tiga orang observer. Data dalam penelitian ini diambil dari hasil observasi ketiga observer dan hasil angket siswa. Hasil dari pengamatan yang dilakukan oleh para observer menunjukkan bahwa semua siswa cukup aktif dan antusias saat kegiatan pembelajaran berlangsung serta dapat memahami kosakata yang diajarkan. Selain itu berdasarkan hasil angket menunjukkan bahwa siswa merasa senang dan bersemangat ketika mengikuti pembelajaran. Siswa dapat memperagakan dan menebak kosakata yang diperagakan serta dapat memahami 10 kosakata yang diajarkan. Berdasarkan hasil angket siswa juga dapat diketahui bahwa teknik pembelajaran [m j y ux ] pantomim ini dapat meningkatkan minat siswa dalam mempelajari kosakata bahasa Mandarin. Dengan adanya unsur gerak dalam permainan [m j y ux ] pantomim ini juga dapat memudahkan siswa untuk mengingat dan menghafal kosakata serta dapat membantu siswa untuk memahami arti dari kosakata yang diperagakan dalam permainan ini. Di samping itu penerapan teknik pembelajaran [m j y ux ] pantomim ini juga memiliki kelemahan yaitu pada pelaksanaannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran [m j y ux ] pantomim ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Mandarin khususnya untuk melatih penguasaan kosakata siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/180834

Actions (login required)

View Item View Item