Uji coba komik fisika berjudul bunyi karya istianah qudsi FT sebagai media pembelajaran IPA SMP kelas VIII / Widya Prindani - Repositori Universitas Negeri Malang

Uji coba komik fisika berjudul bunyi karya istianah qudsi FT sebagai media pembelajaran IPA SMP kelas VIII / Widya Prindani

Prindani, Widya (2009) Uji coba komik fisika berjudul bunyi karya istianah qudsi FT sebagai media pembelajaran IPA SMP kelas VIII / Widya Prindani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Prindani Widya. 2009. Uji Coba Komik Fisika Berjudul Bunyi Karya Istianah Qudsi FT sebagai Media Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Subani (II) Drs. Eddy Supramono Kata kunci uji coba komik fisika bunyi media Untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran fisika banyak faktor yang harus diperhatikan salah satunya penggunaan media pembelajaran. Pembelajaran yang menggunakan media dapat memberikan pengalaman yang lebih berarti bagi anak didik serta dapat membawa anak didik ke pengalaman yang lebih konkrit. Salah satu media mengajar tersebut adalah komik fisika. Komik fisika berjudul Bunyi yang dikembangkan oleh Istianah Qudsi FT belum sampai pada tahap uji coba komik sebagai media pembelajaran oleh karena itu komik fisika tersebut diterapkan dalam pembelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 1 Kraksaan Probolinggo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa komik fisika berjudul Bunyi menarik dan efektif sebagai media pembelajaran IPA kelas VIII serta untuk mendapatkan bahan pada bagian mana saja komik tersebut perlu direvisi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Subjek penelian adalah siswa kelas VIII-B dan kelas VIII-C SMP Negeri 1 Kraksaan. Subjek penelitian dipilih berdasarkan kemampuan yang hampir sama dilihat dari rata-rata kelas nilai ulangan harian (materi gaya dan Hk. Newton) yang hampir sama atau seimbang. Perlakuan antara kedua kelas tersebut berbeda yaitu siswa kelas VIII-C (kelas eksperimen) diajar dengan menggunakan komik fisika sedangkan siswa kelas VIII-B (kelas kontrol) diajar dengan menggunakan buku paket IPA. Waktu dan materi yang diberikan pada kedua kelas sama. Dalam pembelajaran tersebut diajar oleh satu guru yang sama. Dari hasil perhitungan uji hipotesis dengan analisis nonparametric (Uji Mann-Whitney) hasil belajar siswa kedua kelas diperoleh nilai Exact Sig. [2 (1- tailed Sig.)] sebesar 0 003 dan 945 0 05. Karena 0 003 0 05 maka H0 ditolak dan H1 diterima jadi komik fisika berjudul Bunyi efektif sebagai media pembelajaran fisika SMP kelas VIII. Selain hasil di atas berdasarkan jawaban siswa terhadap angket yang disebar diperoleh persentase daya tarik siswa terhadap komik fisika berjudul Bunyi sebesar 87 1%. Kriteria dari hasil persentase tersebut adalah sangat baik. Karena hasil tersebut lebih dari 60% maka komik fisika berjudul Bunyi dapat dikatakan menarik. Saran untuk pengembang komik Bunyi tersebut adalah melakukan revisi kembali terhadap komik khususnya pada sub bab resonansi. Hal ini dikarenakan siswa merasa kurang jelas dengan penjelasan resonansi pada komik. Selain itu ada beberapa tulisan di dalam komik yang ukurannya sangat kecil sehingga siswa kesulitan saat membaca. Revisi komik dilakukan untuk mendapatkan komik yang benar-benar berkualitas sebagai media pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Sep 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18082

Actions (login required)

View Item View Item