Marianti, Amalia (2009) Pengembangan paket IPA terpadu dengan tema pestisida untuk siswa kelas VII semester 2 di SMP Negeri 1 Wajak Kabupaten Malang / Amalia Marianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Marianti Amalia. 2009. Pengembangan Paket IPA Terpadu Tema Pestisida di SMP Negeri 1 Wajak. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eddy Supramono (II) Drs. Triastono Imam P. M.Pd Kata kunci Paket Pembelajaran IPA Terpadu Pestisida Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 Tahun 2006 menyatakan bahwa substansi mata pelajaran IPA di SMP/MTs merupakan IPA Terpadu. Tetapi pembelajaran di SMP Negeri 1 Wajak belum melaksanakan pembelajaran IPA secara terpadu dan masih terpisahpisah antara fisika kimia dan biologi. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan mengembangkan bahan ajar yaitu paket pembelajaran IPA terpadu dalam melaksanakan pembelajaran IPA terpadu. Tujuan dari pengembangan paket pembelajara IPA terpadu ini adalah untuk mengetahui kelayakan paket pembelajaran IPA terpadu dengan tema pestisida untuk siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Wajak dan panduan pelaksanaan untuk guru. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model yang disarankan Gall dan Brog yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangan bentuk awal produk (4) penilaian produk (5) revisi produk. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket/kuesioner kelayakan untuk para penilai. Jenis data adalah kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai rata-rata kuesioner sedangkan data kualitatif berupa tanggapan saran dan kritik dari dua orang dosen dan dua orang guru IPA SMP Negeri 1 Wajak selaku penilai atau evaluator. Berdasarkan uji kelayakan paket IPA terpadu diperoleh skor ratarata 3 56 dengan persentase 89% sedangkan untuk panduan pelaksanaan diperoleh skor rata-rata 3 58 dengan persentase 89 37%. Semua itu artinya bahwa paket IPA terpadu layak untuk digunakan. Paket Pembelajaran ini mempunyai kelebihan yaitu (a)Produk yang dihasilkan sesuai dengan KTSP (b)memadukan materi fisika kimia dan biologi (c)dilengkapi dengan panduan guru sehingga memudahkan guru untuk melaksanakan pembelajaran (d)Berisi kegitan-kegiatan siswa berbasis kerja ilmiah (e)evaluasi berlangsung dalam konteks yang alami kolaboratif dan berorientasi pada perkembangan intelektual siswa serta lingkungannya. Dalam pelaksanaan penelitian pengembangan ini disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap paket IPA terpadu untuk mengetahui tingkat efektifitas dan efisiensi. Pengembangan paket pembelajaran IPA terpadu dan panduan pelaksanaan pembelajaran dapat dilakukan dengan mengambil tema yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |